10 Jurus Joss Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja

“Saya harus segera menyelesaikan apa-apa yang sudah saya agendakan… Eh, ada SMS masuk nih… Woaah, Joss!! Ada email dari milis Ecamp!! Wuish, ada peluang usaha nih.. Agendakanlah nanti saya kontak.. Naah, sekarang, kembali lagi ke laptop.. Hmm, laper juga euy.. Jajan dulu ah ke luar.. Beli wafer atau biskuit? Widih, berantakan juga kamarku nih.. Beres-beresin sekarang bagus juga nih, biar lebih nyaman.. Woah, HPku bunyi lagi.. Siapa yaa?”

Berpengalaman seperti itu? Hehehe! Ada sebuah penelitian terbaru dari Universitas Kalifornia yang memperkirakan, bahwa orang sekarang itu rata-rata menerima informasi sebanyak 35 GB per hari. Padahal 30 tahun yang lalu, kita hanya menerima informasi sebanyak 15 GB per harinya. Setengah dari yang sekarang.

Kita mendapatkan gangguan terus-menerus. Bayangin saja, mulai dari orang sekitar, orang di luar yang menggunakan pengeras suara (mic/TOA), SMS, email, Line, BlackBerry, Twitter, Facebook, Radio, TV, dan lain-lainnya. Apalagi sampai ada yang di browsernya itu buka banyak tab, gara-gara klik ini, klik itu, buka ini, buka itu, tapi sayangnya nggak ada yang diingat. Jadinya pantes kalau konsentrasi kita jadi buyar.

Nah, berikut ini, merupakan 10 Jurus yang Joss, bagaimana caranya agar konsentrasi Anda meningkat.

1. Tinggalkan Multitasking yang Melemahkan Anda

Kerap orang-orang besar memberi nasehat kepada kita, untuk fokus dengan target apa yang telah kita tentukan. Jangan difus. Jangan multitasking. Sebab, tatkala Anda mencoba untuk melakukan semuanya dalam satu waktu, akhirnya di malam harinya nggak ada satu pun yang diselesaikan.

Ada seorang ahli psikologi bernama Dr. Glenn Wilson, beliau meneliti bahwa orang yang sedang bekerja yang sering terganggu karena “dipanggil” handphonenya, mengalami penurunan 10% dari IQnya. Sebaliknya, di lain cerita, ada lagi seorang ahli psikologi bernama Richard Nisbett, yang menemukan ada seorang mahasiswa yang IQnya 100, namun temannya yang juga seangkatan dan sejurusan, IQnya 120. Beliau menyimpulkan, bahwa inilah hasil dari kekuatan fokus.

Arsene Wanger, Manager Arsenal Football ClubArsene Wanger, seorang manager club sepak bola Arsenal saja, mengatakan, “Kita bisa sebetulnya melatih otak kita supaya bisa fokus, agar nantinya konsisten fokus terus-menerus… Memang tentunya untuk hal itu, kita perlu motivasi.. Tapi tak cukup motivasi saja, Anda juga butuh konsistensi pada motivasi tersebut..”

Karena memang sebetulnya luar biasa banyak manfaatnya kalau Anda sudah bisa memiliki fokus dan konsentrasi tingkat tinggi. Sebuah prestasi itu malah.

Artikel Lainnya:  Sering Mengantuk di Pagi Hari, Gejala Apa Itu? Bisa Jadi Gejala 6 Hal Ini

2. Konsumsilah Sayur, Buah, dan Makanan Berkabohidrat

Sekiranya nutrisi tubuh Anda tidak tercukupi, wajar makanya tubuh Anda susah untuk berkonsentrasi. Jadnya, tubuh Anda akan lapor ke otak Anda, katanya Anda perlu keluar untuk mencari makanan. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang bahan-bahan di komposisinya asing bagi Anda. Daripada itu, mending Anda makan buah-buahan dan sayur-sayuran, ditambah dengan karbohidrat murni, seperti nasi coklat, kentang, kinoa, oat, dan pisang.

3. Kerjain Tugas yang Paling Penting dan Paling Susah Dulu

Yaps, pertama-tama selesaikan dulu tugas yang urgent, dan rada-rada sukar. Karena biasanya pas udah di tengah jalan, konsentrasi seseorang mulai turun, kemudian bosan dan capek. Makanya, tugas-tugas yang mudah, bisa dikerjakan nanti agak siangan, mungkin bisa setelah sholat dzuhur dan makan siang.

4. Off-kan Semua Gangguan

Pastikan dulu bahwa handphone Anda udah silent, dan layarnya mati. Berikanlah perhatian penuh pada kerjaan Anda. Biar konsetrasi penuh. Maka Anda akan kaget, berapa banyak pekerjaan yang udah Anda selesaikan.

5. Tingkatkan Level Kesanggupan Konsentrasi Secara Bertahap

Coba Anda pasang stop watch, diantara ketika awal Anda bekerja. Kemudian, ketika Anda merasa mulai jenuh, buyar konsentrasinya, dan mulai terganggu untuk makan, buka notifikasi facebook maupun twitter, dan lainnya.Contoh, katakanlah level kesanggupan konsentrasi Anda 40 menit. Nah, setelah itu, istirahatlah. Selesai istirahat, kemudian lanjut lagi, coba Anda paksakan diri Anda untuk konsentrasi selama 60 menit. Kemudian kalau sudah capek lagi, istirahat lagi. Kemudian lakukan lagi terus nantinya konsentrasi selama 60 menit, sampai suatu saat ketika Anda konsentrasi selama 60 menit, Anda udah nggak capek lagi.

Kalau sudah punya limit level baru (60 menit), lakukan lagi hal yang serupa seterusnya, sehingga level konsentrasi Anda akan terus meningkat.

6. Musik Konsentrasi

Kerap musik bisa membantu seseorang agar tetep fokus. Ntah itu musik slow, beat, dan lainnya. Disarankan, meyetal musik instrumen suatu film maupun suatu game, dimana saat-saat sedang semangat. Saat-saat sedang mendekati victory. Atau kalau bisa, saat-saat melawan Big Boss. Hehehe!

Yah, bisa Anda inget-inget saja. Ntah itu backsound Kamen Rider, Naruto, Persona 4, Final Fantasy, dan lain-lainnya. Atau mungkin Anda bisa search di YouTube.

7. Olahraga Teratur

Pikiran yang segar, biasanya selaras dengan badan yang segar pula. Olahraga yang teratur bisa membantu Anda untuk mendapatkan hal itu. Karena dengan masifnya pemompaan darah yang membawa oksigen ke seluruh tumbuh, termasuk otak Anda,  jadi otak Anda makin fresh.

Artikel Lainnya:  Ini 17 Cara Berpikir Orang Sukses, yang Membuatnya Beda Banget dengan Orang Rata-Rata

Yah, kerapnya, orang cepat mengantuk, karena di kepalanya kurang supply oksigen. Kok kurang supply oksigen, karena kurang banyak bergerak.

So, tidak bisa tidak. Supaya otak tetap segar dan mampu berkonsentrasi, harus ada oksigen yang cukup, dengan cara banyak bergerak, termasuk olahraga yang teratur.

8. Bangun Kebiasaan

Kita semua punya hasrat cenderung mau melakukan hal apa saja setiap harinya, termasuk kerjaan yang nggak penting. Nah, dengan mengubah segala “agenda pekerjaan” Anda menjadi “agenda kebiasaan” Anda, maka otak Anda akan merekam kebiasaan Anda di pikiran bawah sadar. Yang kemudian akan membuat Anda anti dengan pekerjaan nggak penting. Sebaliknya,  malah fokus dan konsentrasi habis-habisan pada yang penting (kebiasaan).

Biasanya untuk melakukan ini, membutuhkan waktu 30 hari. Coba saja Anda setting sekarang. Misal, seperti ini:

  • Bangun jam sekian WIB
  • Sholat tahajjud sekian raka’at
  • Sholat Shubuh
  • Kajian Shubuh
  • Olahraga
  • Beres-beresin Rumah
  • Mandi
  • Sholat dhuha
  • Mulai kerjaan yang sulit dulu
  • Istirahat 40 menit
  • Kerja lagi
  • Istirahat lagi
  • Sholat dzuhur
  • Makan siang
  • Dan seterusnya..

Begitulah ringkasnya. Baiknya Anda break down lagi. Misal Anda bekerja sebagai apa, dan ngerjain apa, dibuat detail aja. Pun, Anda istirahat itu, ngapain aja, bisa dibreak down juga. Karena, yah itu tadi, kemalasan bisa dikalahkan dengan kebiasaan.

9. Buat To-Do List

To-Do ListSebelum pergi bobok malam-malam, buatlah agenda Anda hari esok, Anda mau ngapain aja. Karena kalau nggak diagendakan, biasanya nggak ngapa-ngapain jadinya. Apapun dikerjain. Ujung-ujungnya, yah jadi buyar.

Sekiranya Anda buat to-do list, ada deadlinenya lagi, ditempel pula di tempat yang kerap Anda lihat, jadinya Anda terpacu untuk bener-bener fokus dan konsentrasi menyelesaikannya.

Barangkali Anda bisa search aplikasinya di Google Play.

10. Minumlah Air Putih, Jangan Sampai Dehidrasi

Ada sebuah penelitian dari University of Connecticut yang dilakukan oleh para Ilmuwan disana, mereka menemukan bahwa dehidrasi itu bisa mengubah mood seseorang, suasana hati, tingkat energi, dan function mentalnya, daya ingat, bahkan memicu kecemasan dan ketegangan.

Jadi, ingatlah, untuk senantiasa minum yang optimal, supaya tetep fit, fokus, dan konsentrasi.

Sumber gambar: Pixabay, Khudofa-DNA_Blogspot_Com, SmashingHub_com

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.