10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Anda

“Makan gih, biar kerjanya enak nanti..” Kalimat seperti itu kerap dilantunkan, ketika ada yang memotivasi kita memakan sesuatu, supaya kinerja otak menjadi lebih baik. Namun, relatif sih sebetulnya. Tergantung, makanannya apa dulu? Apakah memang setiap makanan yang kita konsumsi itu, pasti akan berdampak bagus untuk otak kita?

Nah, padahal, belum tentu semua makanan. Hanya sebagian saja. Berikut ini, 10 makanan yang baik untuk otak Anda.

1. Coklat Hitam

Coklat Hitam Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakMungkin Anda langsung semangat jadinya, begitu tahu rupanya coklat itu bagus untuk otak Anda. Hehehe!

Yah, soalnya, pertama, coklat itu mengandung antioksidan. Jadinya, bisa membantu Anda terlindungi dari stress oksidatif, yang berasal dari radikal bebas.

Kedua, coklat hitam ini bisa meningkatkan horman endorfin dalam tubuh Anda, sehinga mood Anda pun jadi meningkat!

Selengkapnya, bisa Anda baca 43 Manfaat Hebat Cokelat yang Jarang Diketahui Orang-Orang, Termasuk Anda [Infographic].

Disarankan Anda mengonsumsinya 1 ons per hari.

2. Blueberry

Blueberry Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakDr. Steven Pratt, penulis Superfoods Rx: Fourteen Foods Proven to Change Your Life, menemukan bahwa blueberry itu salah satu makanan khasnya otak.

Karena, dia juga punya khasiat-khasiat yang dimiliki si coklat di atas, yakni, kaya akan antioksidan yang bisa membantu perlindungan otak dari bahaya stress oksidatif dari radikal bebas pada tubuh.

Selain itu, blueberry ini juga mampu membantu perlidungan sel-sel dan neuron di otak, dari bahayanya spesies-spesies yang menyerangnya. Pun, jadinya memori dan kemampuan belajar meningkat.

Sampai-sampai ada sebuah penelitian bahwa bluerberry ini bisa membantu perlindungan dari kepikunan, bahkan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer.

Disarankan mengkonsumsi blueberry ini sebanyak satu cangkir dalam sehari.

3. Telur

Telur Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakTerutama bagian kuning telurnya, bagus tuh, termasuk salah satu sumber kolin yang terbaik. Jadinya bisa meningkatkan memori dan mengurangi kepikunan. Karena komunikasi antara sel-sel otak akan meningkat.

Artikel Lainnya:  5 Tips Efektif Mengatur Penggunaan Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyelesaikan Suatu Kerjaan

Disarankan makan satu buah telur dalam sehari.

4. Alpukat

Alpukat Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakSoalnya di dalam alpukat ini, ada lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah. Otomatis, bermanfaat bagi semua organ tubuh. Termasuk otak, jadinya cukup mendapatkan supply oksigen deh.

Karena tinggi kalori, konsumsi sekitar seperempat sampai setengah buah alpukat dalam sehari udah cukup.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakLantaran mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi, makanya bisa meningkatkan kejernihan mental, memori, bahkan udah terbukti bisa memulihkan penuaan otak pada bagian otak rat.

Lalu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, yang bisa mencegah penurunan kognitif. Lagipula bentuknya juga mirip otak yah kan, hehehe!

Disaranan sih, makan kacannya, kacang jenis kenari. Itu yang paling bagus kalau buat kesehatan otak. Malahan bisa juga meningkatkan suasana hati, mengurangi kepikunan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Makan satu ons perhari, cukuplah.

6. Kacang Arab

Kacang Arab Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakKacang arab ini banyak mengandung magnesiumnya nih. Makanya, dia bisa meningkatkan transmisi pesan antara neuron-neuron. Dia bisa mengendurkan pembuluh darah, kemudian meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan hormon seretonin di otak, sehingga mood jadi lebih baik.

Anda bisa memakannya beberapa kali dalam seminggu.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakNah, kalau minya zaitun ini, dia ini sumber asam lemak Omega-3 yang sama bagusnya kayak antioksidan. Seperti yang dibahas di atas, dia bisa melindungi otak dari stres oksidatif. Pun juga bisa meningkatkan daya ingat dan daya belajar.

Satu sampai dua sendok makan dalam sehari, ketika ditaburkan pada sald atau pada bubu masak, udah termasuk kadar yang optimal kok.

8. Wild Salmon

Wild Salmon Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakSalmon termasuk salah satu makanan yang juga kaya akan asam lemak Omega-3, yang bisa membantu penjagaan sel otak, dan juga bekerja sebagai anti-inflammatories.

Artikel Lainnya:  9 Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Ibu

Karena sejatinya tubuh kita nggak bisa memproduksi jumlah asam lemak yang kita butuhkan. Makanya, kita perlu sumber dari luar.

Asam lemak pada salmon ini juga bagus buat jantng, otak, dan kesehatan mata, serta pengatasan kepikunan.

Oia,  sayangnya, para peternak salom dapet salmon yang kadar lemaknya berbeda-beda, nggak tentu segitu terus. Maka, disarankan untuk memilih wild salmon aja, lebih bagus.

Bagus pula bila dimakan sebanyak 4 ons, disajikan 2-3 kali dalam seminggu.

9. Biji RamiBiji Rami Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak

Biji rami itu banyak asam lemaknya juga. Jadi, penting juga buat kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi daya lupa akibat penuaan.

1 atau 2 sendok dalam sehari, sudah bisa memberikan efek.

10. Brokoli

Brokoli Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat OtakBrokoli ini, sumber kolin yang mantap nih, yang telah diketahui mampu meningkatkan daya ingat serta menurunkan kepikunan akibat penuaan. Selain itu, juga kaya akan vitamin K, yang bisa meningkatkan kecepatan kerja otak.

2-4 mangkuk dalam seminggu sudah cukup optimal untuk kesehatan otak Anda.
BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar