Cara Kerja Efektif dan Efisien Dimana Saja: Ini 5 Jurus Mantapnya

Sudah kuno sebetulnya, suasana pekerjaan di Kantor yang setiap saat selalu berisik dengan suara-suara orang, maupun suara-suara telepon. Sekarang sudah cukup banyak start up baru, yang pekerjanya itu cukup kerja di Kafe sambil minum-minum, bahkan di Rumah saja, di dalam Kamarnya.

Karena dengan bantuan wireless, smartphone, tablet, dan teknologi-teknologi baru lainnya, kita bisa lebih cepat dan mudah untuk mengirim file, menerima file, video calling, rapat vitual, dan lain-lainnya.

Meski memang, kadang malah sangkin canggihnya, malah kita jadi terganggu dengan notifikasi email, chatting, dan lain-lainnya yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saat itu.

Nah, berikut ini, adalah 5 cara bagaimana agar Anda bisa bekerja secara efektif dan efisien, dimana saja, dan kapan saja.

1. Bagi-Bagikan Jadwal Anda

Sekiranya Anda telah membuat timeline, to-do list, dan sebagainya, yang cukup rinci, lengkap, dan detail, silahkan bagi-bagikan kepada rekan-rekan Anda. Jangan lupa pula, untuk memberikan kontak diri Anda. Ntah itu nomor HP, email, BBM, WhatsApp, twitter, message facebook, Google+, dan lain-lainnya, supaya karyawan Anda mudah untuk menghubungi Anda.

Dengan begitu, insya Allah, sekiranya nanti Anda ada rapat dengan rekan-rekan keja Anda, jadinya rapatnya lebih terorganisir. Inti manfaatnya, gimana agar Anda sekalian semua bisa tetap bekerja secara efektif dan efisien saat beberapa di antara kalian ada yang lagi di luar Kantor selama beberapa hari, tanpa ketemuan sama sekali.

2. Buat Backup

Nggak jarang juga kita mendapatkan musibah kecil maupun besar ketika kerja, seperti halnya:

  • Lupa taruh filenya di folder mana
  • Lupa taruh flash disknya dimana
  • Lupa apa username dan password akunnya
  • Wifi mati
  • Charger rusak
  • Mati lampu
  • Laptop nggak bisa hidup
  • Tablet nggak bisa dicharge
  • Barang dicuri orang
  • Dan lain-lainnya.
Artikel Lainnya:  11 Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas, Agar Kantuk Tak Mengganggu Perjuangan Anda

Kerahkanlah semua fasilitas yang ada. Misalnya, simpanlah file Anda di hard disk internal, juga di hard disk eksternal, upload ke Dropbox, Google Drive, grup facebook, flash disk, dan lain-lainnya.

Oh iya, yang nggak kalah penting, sinkronisasikanlah akun-akun yang log in di PC, tablet, smartphone. Kalau bisa diakses dari prangkat mana saja, kan enak. Seperti halnya kalau Anda:

  • Mengsinkronisasikan kontak smartphone Anda dengan Gmail, maka kalau besok-besok Anda ganti smartphone, kontak yang selama ini sudah Anda buat, tetap ada.
  • Mengsinkronisasikan browser-browser Anda. Ntah itu Google Chrome, Firefox, atau yang lainnya. Kan enak, sekiranya tiap-tiap PC bisa memilki bookmark, browsing history, username-password remembering, dan data-data lain yang sama. Jadi lebih mudah kalau mau ngapa-ngapain.

Dengan begitu, kan enak, insya Allah setiap waktu Anda jadi terpakai secara efektif dan efisien. Nggak dipake buat musingin masalah yang harusnya bisa diantisipasi dari jauh-jauh hari.

3. Rajin-Rajinlah Memantau To-Do List Anda

Berhubung Anda sangat jauh dari Kantor, tidak juga menutup kemungkinan Anda terganggu dengan suasana sekitar. Ntah itu pemandangan di jendela, foto, dan lain-lainnya, yang membuat Anda menjadi mikirin hal-hal lain. Kalau udah gitu, berhati-hatilah! Jangan sampai konsentrasi Anda terganggu hingga hilang fokus.

Ingatlah, sekarang Anda adalah bos diri Anda sendiri. Anda pula yang menjadi motivator diri Anda sendiri. Tidak ada orang di sekitar Anda yang mengawasi Anda. Satu-satunya yang mengingatkan adalah to-do list Anda. Maka, pelototin teruslah to-do list tersebut. Agar Anda terdorong untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan waktu kerja Anda.

Ingatlah, di luar sana rekan-rekan Anda tengah menanti-nanti hasil dari pekerjaan Anda.

4. Jangan Lupa Sediakan Waktu untuk Bersosialisasi

Akan data suatu masa, dimana Anda mulai jenuh. Yang mungkin dikarenakan Anda merasa kesepian, tidak seperti biasanya, ada teman-teman yang ngajak Anda ngobrol. Kalau beneran sudah jenuh banget gitu, cut! Mending dijeda dulu pekerjaannya. Cobalah pergi keluar dulu, ntah itu bersama orang-orang yang Anda lamunin tadi, maupun dengan orang lain.

Artikel Lainnya:  10 Hal yang Harus Dikasihani Pada Pekerja Shift Malam & Tukang Begadang

Bisa juga, sekiranya nanti seluruh anggota tim ketemuan untuk rapat, agendakan pulalah agar nanti ada jalan-jalan bareng gitu. Supaya ketika kerja nanti, Anda tidak mengeluh karena penatnya pekerjaan Anda. Ingat saja, nanti ketika pekerajaan tersebut telah selesai, akan ada saatnya bersenang-senang dengan rekan-rekan Anda.

5. Manfaatkan Kesempatan Saat Semuanya Kopdar, untuk Saling Share Tips-Trik Kerja Efektif dan Efisien di Tempat Masing-Masing

Ada saatnya nanti Anda akan mendapatkan situasi yang menyulitkan, yang tidak mudah diatasi. Mungkin cara Anda mengatasinya bisa Anda searching di Google, atau tanya langsung ke rekan via chatting, atau mungkin Anda yang inisiatif memikirkan bagaimana caranya.

Nah, saat nanti ada rapat, semuanya berkumpul, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk menumpahkan seluruh unek-unek dan kendala Anda. Minta mereka untuk sharing pengalaman mereka, gimana cara mereka mengatasi kendala tersebut, ketika di tempat kerja mereka masing-masing. Sehingga setiap saat efektivitas dan efisiensi kinerja Anda sekalian bisa terus meningkat menjadi lebih baik.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar