8 Penyebab Sakit Perut Saat Menstruasi (Haid Senggugut)

Pada dasarnya penyebab sakit perut saat menstruasi itu yaa wajar sih. Karena memang sakitnya itu bagian dari proses menstruasi.

Yang menjadi tanda tanya itu, kalau sakit perutnya itu terus-terusan, dan tingkat sakitnya lebih deras daripada biasanya. Sampai-sampai mau ngapa-ngapain pun nggak bisa. Jangan-jangan proses menstruasi Anda bermasalah.

Coba Anda cek, mungkin tingkat sakitnya perut Anda itu dipicu semakin naik dan semakin naik, karena 8 penyebab berikut ini:

1. Kebanyakan Mengonsumsi yang Kadar Gulanya Tinggi

Contohnya seperti permen, coklat over-olah, minuman bersoda, dan lain-lain. Apalagi kalau Anda memakan dan meminum itu semua pas lagi menstruasi, wah, tambah sakitlah perut Anda.. Soalnya kan nanti kadar gula dalam darah Anda jadi melonjak. Bakal berpengaruh juga nanti ke emosi, dan mudah lesu.

2. Kebanyakan Memakan Gorengan

Yang namanya gorengan kan pasti ada kadar lemak dan minyaknya ya kan? Nah, kalau makin banyak dikonsumsi, jadinya kadar esterogen dalam tubuh Anda pun meningkat! Makanya, jangan heran, itulah yang bisa jadi penyebab sakit perut saat menstruasi Anda.

Ada baiknya sekarang coba Anda ambil kertas, atau buka aplikasi pencatat di smartphone Anda, terus catet apa aja makanan gorengan yang kerap Anda konsumsi. Biar nanti kalau Anda berpapasan dengan gorengan-gorengan tersebut, Anda bisa langsung ngeh, “Ups, ndak boleh nih dimakan..” gitu..

Misalnya:

  • Kentang goreng
  • Ayam crispy
  • Onion Ring
  • Bakwan
  • Tempe goreng
  • Tahu goreng
  • dan lain-lain semacamnya..

Agar insya Allah kondisi di rahim Anda pun jadi lebih stabil..

Oh iya, sekiranya Anda terpaksa makan makanan gorengan, usahakan menggorengnya itu pakai minyak hewan atau minyak tumbuhan yaa.

3. Kebanyakan Mengonsumsi Kafein

Kafein bisa membuat pembuluh darah Anda menyempit. Bisa-bisa malah dehidrasi pula nanti pembuluh darah Anda. Sehingga jadinya agak gugup-gugup gitu, terus agak sakit juga kepalanya gitu..

Artikel Lainnya:  20 Hal yang Harus Anda Hentikan, Di Umur Anda Ke-20 Ini Agar Jadi Dewasa dan Bijaksana

4. Kebanyakan Memakan Makanan yang Dipanggang

Yang bikin khawatir jadi penyebab sakit perut saat menstruasi Anda itu makanan panggangan mengandung banyak lemak trans dalam jumlah yang besaaar banget. Takutnya nanti kadar esterogen Anda meningkat drastis, terus rahim Anda jadi kram dan sakit.

5. Cuma Kram Aja

Kalau cuman kram aja pada perut, itu memang hampir semua wanita mengalaminya, makanya sakit perut saat menstruasi. Biasanya muncul pas sebelum atau hari pertama awal-awal haid. Kadang-kadang berlangsung satu hingga tiga hari. Kenapa bisa gitu, karena kontradiksi di rahim.

Yang bahaya sih kalau kontradiksinya terlalu intens di rahim, nanti bisa mendorong pembuluh darah, sehingga terhambatlah supply oksigen ke jaringan otot rahim, lalu akhirnya timbul rasa kram, yang sangat mengganggu.

Bisa jadi juga mungkin ada orang ang kramnya lebih sensitif, karena mereka masih muda, baru datang bulanlah. Karena rahim mereka lebih kecil, daripada wanita usia dewasa yang mungkin udah pernah hamil.

Kalau yang disarankan dokter Vanessa Cullins (Vice President External Medical Affairs di Planned Parenthood Federation of America), dari Refinery 20, untuk mengurasi kram perut, silahkan Anda mandi air hangat, kompres perut Anda dengan kantung air panas, dan beristirahatlah sebentar. Atau, bisa juga dengan lakukan aktivitas fisik seperti olahraga misalnya.

6. Ada Fibroid di Uterus Anda

Maksudnya apa itu fibroid? Fibroid itu, sejenis tumor jinak, yang tumbuh di uterus. Hati-hati Anda, karena sekitar 30% perempuan umur 30 tahun ke atas itu terjangkit fibroid. Biasanya tanda-tandanya itu di rahimnya mengalami banyak pendarahan.

Takutnya kalau tumor gitu lumayan dengan sama lapisan rahim, atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut, tiba-tiba Anda bakal terasa sakit, lama sakitnya, bahkan bisa bercak.

Artikel Lainnya:  9 Makanan Untuk Kesuburan Pria

Meski memang fibroid ini nggak selalu berbahaya. Cuman, ada sejumlah studi yang menemukan, bahwa tumor jinak ini bisa mempengaruhi kesuburan, hingga berpotensi menyebabkan keguguran.

7. Anda Mengalami Endometriosis

Nggak jarang loh orang sakit perut saat menstruasi itu, penyebabnya karena endomeriosis ini. Hal ini bisa terjadi saat endometrium jaringan yang ada di sepanjang garis rahim atau uterus) itu tumbuh keluar terus-terusan. Sehingga sakitnya itu intens, dan tajam banget setiap kali haid.

8. Organ Reproduksi Anda Mengalami PID

Satu lagi penyebab sakit perut saat menstruasi, yaitu PID (Pelvic Inflammatory Disease). Yakni infeksi di organ reproduksi wanita. Biasanya terjadi karena penyakit kelamin menular yang nggak langsung diatasi. Tapi bisa juga bukan karena hubungan seksual.

Sayangnya memang nggak selalu ada wanita yang tahu kalau mereka mengalami PID. Karena memang gejalanya nggak begitu terlalu kehilatan. Yang bisa berbahaya itu kalau infeksinya dibiarin terlalu lama, bisa mengakibatkan sulit hamil.

Nah, selain itu, PID ini sering menimbulkan rasa sakit sakit saat menstruasi. Meskipun tingkat sakitnya nggak separah sakit karena endometriosis, dan sakit karena fibroid.

Terus Solusinya Gimana?

Itulah kurang-lebih 8 penyebab sakit perut saat menstruasi (haid senggugut). Sekiranya memang sakit perut saat menstruasi Anda berkepanjangan, dan keluar darahnya itu banyak banget daripada biasanya, silahkan muhasabah diri, berdo’a sama Allah, konsultasikan dengan dokter, dan cobalah berikhtiar mengatasi nyeri haid tersebut dengan menggunakan Pembalut Herbal S.Co, yang bisa Anda beli di TeknikHidupShop.com.

Sumber materi: Beautytreats Indonesia, Wolipop.

Sumber gambar: 1, 2, 3.

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.