20 Tanda Anda Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Baik dan Hebat

Tidak menutup kemungkinan, nanti Anda akan menjadi pemimpin di organisasi yang tengah Anda geluti hari ini. Atau, yang tidak mungkin tidak, Anda akan menjadi pemimpin rumah tangga. Atau yang lebih pasti lagi, Anda adalah pemimpin diri Anda sendiri. Dengan kata lain, hampir pasti, setiap orang itu akan menjadi pemimpin.

Namun seperti yang kita ketahui, faktanya, menjadi pemimpin tidaklah mudah. Anda harus membuat keputusan, mengontrol, dan sebagainya, dengan sebaik-baik mungkin. Kalau Anda bimbang, resikonya orang-orang yang di belakang Anda akan terombang-ambing.

Maka dari itu, haruslah dari sekarang Anda mempersiapkan diri, agar bisa menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

Tapi, bagaimana caranya? Nah, coba Anda pastikan, apakah Anda tengah memiliki 20 tanda berikut ini? Jika iya, berarti Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik. Jika belum, yah tinggal Anda ikhtiarkan saja. Nah, berikut ini, adalah 20 tanda bahwa Anda berpotensi bisa menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

1. Anda Orangnya Persuasif

Persuasif, merupakan salah satu karakteristik yang cukup penting. Apakah Anda terbiasa mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, kemudian ia melakukannya sesuai dengan ajakan Anda?

Atau, apakah Anda ketika menawarkan suatu ide ke orang-orang, ide Anda kerap diterima?

Kalau iya, selamat. Berarti insya Allah Anda memang cocok menjadi pemimpin yang baik dan hebat. Karena memang tak bisa dinafikan, kemampuan persuasi merupakan aktivitas rutin seorang pemimpin.

2. Anda Orangnya Inspiratif

Pemimpin yang baik dan hebat tak hanya fokus untuk menghebatkan dirinya saja. Ia juga hobi berbagi ilmu, pengalaman, pembelajaran, dan skill, kepada orang-orang di sekitarnya. Itu sebabnya, orang-orang di sekitarnya kerap menghargainya, dan juga menjadikannya harapan untuk meminta bantuan pertolongan.

3. Anda Orangnya Tegar

Tatkala masalah tengah menghadang, target yang hendak dicapai begitu sukar, kemudian teman-teman Anda merasa kesulitan, seperti putus asa dan mau menyerah, namun Anda tetap tegar, semangat, dan terus berusaha, itulah tanda bahwa Anda bisa menjadi pemimpin yang hebat.

4. Anda Orangnya Pede

Sayangnya, tak banyak orang yang pede bahwa Allah telah memberikannya potensi akal yang hebat untuk berfikir. Beruntuglah Anda, sekiranya Anda kerap memanfaatkan akal Anda tersebut untuk senantiasa pede menghadapi beraneka macam problematika kehidupan.

Selain itu, pun ternyata sifat pede itu mampu menular. Di lain sisi, berarti, Anda sangatlah hebat, sekiranya Anda senantiasa pede, kemudian orang-orang di sekitar Anda menjadi ikut pede, karena Anda.

5. Anda Orangnya Konsisten

Setiap orang punya keinginan dan kebutuhan, dan punya kesibukan rutin dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut. Sayangnya, banyak orang yang tumbang di tengah jalan. Ntah karena jenuh, tidak mampu, atau perihal lainnya.

Nah, sekiranya Anda punya skill konsisten, beruntunglah Anda. Insya Allah, Anda cocok menjadi pemimpin, agar bisa mengontrol mereka yang kurang lihai berkonsisten.

6. Anda Orangnya Berpegangteguh dengan Objektivitas

Hebatlah Anda kalau Anda bisa berpegangteguh dengan prinsip-prinsip baik, yang lahir dari sikap objektif. Meskipun kadang itu pahit, laksana menggenggam bara api. Karena jika Anda fleksibel pada objektivitas, dan masih kerap subjektif, bisa-bisa orang-orang malah menginjak-injak Anda.

7. Anda Orangnya Tegas Membuat Keputusan

Membuat keputusan, adalah salah satu job desc rutin seorang pemimpin. Jika Anda kerap berpegang teguh pada kebenaran, meski sangat beresiko, demi bersikap objektif, maka otomatis Anda pun akan senantiasa bisa membuat keputusan yang tegas.

8. Anda Orangnya Disiplin

Kedisiplinan berasal dari pemahaman yang benar akan tujuan Anda, dan cara-cara mencapai tujuan Anda tersebut. Dan tentu, pemahaman yang benar seperti itu, hanya bisa didapat melalui cara berpikir yang baik. Maka dari itu, sekiranya Anda terbiasa berpikir yang baik, tanpa ada libatan emosional, dan tanpa dogma, maka insya Allah, Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

Artikel Lainnya:  5 Faktor Penyebab Kenapa Tidak Percaya Diri, Minder, dan Merasa Rendah Diri

9. Anda Orangnya Senantiasa Memiliki Rencana

Banyak orang yang menyesal di penghujung hari, karena merasa selama satu hari itu sepertinya ia tidak produktif, tidak ada atau hanya sedikit hal-hal bagus yang ia lakukan. Orang yang seperti itu, biasanya ia tak membuat perencanaan hariannya.

Nah, apabila hari-hari Anda kerap produktif, karena memang Anda kerap membuat planning, sehingga kemudian rutinitas Anda berpatok pada planning tersebut yang sebelumnya telah dibahas saat rapat, berarti Anda sangatlah cocok menjadi pemimpin yang hebat, yang kemudian nanti akan mengarahkan dan mengontrol tim Anda.

10. Anda Orangnya Senantiasa Mengevaluasi Diri

Bahkan Nabi Saw bersabda, kurang-lebih, mereka yang beruntung adalah mereka yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan mereka yang hari esok lebih baik dari hari ini. Barangsiapa yang hari esok lebih buruk dari hari ini, atau hari ini lebih buruk dari hari esok, maka, ia termasuk orang yang merugi.

Anda paham betul dengan pemikiran tersebut. Dan yang namanya paham, berarti Anda mempraktekkannya. Selamatlah Anda, sekiranya Anda senantiasa belajar, dan terus-menerus tumbuh, agar bisa menjadi lebih baik dan lebih hebat, kemudian bisa menghadapi berbagai macam masalah yang semakin hebat pula di masa mendatang.

Orang seperti Anda, sangat berpotensi menjadi pemimpin yang hebat.

11. Anda Orangnya Teliti

Tak jarang, suasana yang damai tanpa masalah, mulai berubah menjadi suasana penuh masalah, karena diawali dengan adanya kecerobohan. Beruntunglah Anda sekiranya berhasil mengantisipasi masalah yang mungkin Anda hadapi, namun menjadi tidak muncul, karena dari awal Anda senantiasa teliti.

12. Anda Orangnya Terbuka

Tidak ada orang yang suka dengan pemimpin yang diktator. Kerap, pemimpin yang baik dan hebat itu, terbuka untuk menerima masukan dari timnya, selama Anda tetap menggigit pondasi ide dan tata-cara dasar dari organisasi Anda.

Anda yang memiliki sifat senantiasa terbuka, sangat cocok menjadi pemimpin yang akan disukai timnya seperti itu.

13. Anda Orangnya Peduli dan Penuh Kasih

Anda sangat cocok menjadi pemimpin yan hebat dan baik, sekiranya Anda sadar dan paham, bahwa Anda dengan orang-orang lainnya yang ada di organisasi tersebut, adalah ibarat para penumpang kapal. Sesama penumpang, harus saling peduli, saling berkasih sayang, saling memberi yang terbaik, dan menjaga agar tidak ada satu orang yang tidak baik.

Karena, ibaratnya, sekiranya ada beberapa orang di bagian bawah kapal yang butuh air minum, kemudian ia malas naik ke atas untuk ambil air, lalu ia lobangi saja bagian bawah kapalnya agar air keluar, maka kapal tersebut akan tenggelam, beserta tiap-tiap orang yang ada di kapal tersebut, baik yang di bawah, maupun yang di atas.

14. Anda Orangnya Bisa Membaca Orang Lain

Kerapnya, pemimpin yang baik mampu memilih sikap yang baik, sesuai dengan orang seperti apa yang ia hadapi, dengan mood pada seseorang seperti apa yang ia hadapi. Karena, terkadang apa maunya seseorang itu bisa terbaca, termasuk juga seseorang itu sedang tidak suka apa, bisa terbaca juga.

Seperti misalnya, biasanya orang yang duduknya agak kasak-kusuk itu, adalah orang yang tidak betah, mau segera pulang. Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkianan dan hipotesis-hipotesis lainnya. Nah, apabila Anda terbiasa membaca orang tersebut, maka Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

Artikel Lainnya:  Kalau Kamu Merasa Selalu Kekurangan Waktu, Berarti 8 Kesalahan Ini Sering Kamu Lakukan

15. Anda Orangnya Bisa Menerima Kritik dan Nasehat

Baguslah Anda, bisa menjadi pemimpin yang baik, sekiranya Anda terbiasa mendengarkan kritik dan nasehat dari orang lain. Karena, sering dan hampir selalu, nasehat seseorang itu tidak salah. Yang salah biasanya adalah relevansi antara nasehat dan kritik tersebut, dengan fakta yang terjadi pada diri Anda.

Itu sebabnya kan, makanya Anda biasa-biasa saja menghadapi kritik dan nasehat seseorang. Kalau memang itu sesuai dengan fakta diri Anda, yah adopsi. Kalau nggak sesuai, yaudah kasih tahu saja ke si penasehatnya, atau dalam beberapa kasus, nggak usah dipikirkan, diemin aja, toh nggak relevan dengan fakta Anda kan? Hehehe…

16. Anda Orangnya Rendah Hati

Karena yang tak rendah hati, biasanya akan menjadi pemimpin yang diktator. Sak karepnya dewe, tak mau memahami fakta anggotanya seperti apa. Berbahagialah Anda sekiranya Anda terbiasa rendah hati, insya Allah Anda bisa menjadi pemimpin yang baik, dan ngangenin bagi anggota Anda.

17. Anda Orangnya Optimis

Tentu, adalah lucu sekali sekiranya ada pemimpin yang pesimis. Bisa-bisa bubar deh nanti organisasinya. Sebaliknya, hebat sekalilah, sekiranya Anda termasuk orang yang optimis, karena kerap optimis itu bisa menimbulkan sekaligus melejitkan potensi skill keseluruhan Anda dan anggota Anda.

18. Anda Orangnya Disenangi

Meski memang logika dan pemikiran adalah yang utama, namun tidak ada salahnya bila Anda juga jago mengatur perasaan Anda dan orang lain, sebagai suatu cara saja, bukan sebagai metode baku.

Beruntunglah Anda, jika Anda termasuk orang yang mudah disenangi oleh orang-orang, apalagi bila Anda itu ngangenin. Karena itu bakal mempermudah beraneka macam operasional organisasi Anda, terutama tatkala Anda memberikan target, dan mengontrol usaha pencapaian target tersebut.

19. Anda Orangnya Kreatif

Nyatanya, nggak jarang juga sebuah organisasi itu tumbang, meskipun pemimpin dan anggotanya bagus, namun masalah yang mereka hadapi begitu besar, mereka tergerus dengan persaingan ataupun tantangan, hingga akhirnya tak ada solusi.

Itu sebabnya, bersyukurlah Anda, apabila Anda orangnya kreatif, insya Allah Anda bisa berikhtiar agar organisasi Anda langgeng, mampu menggali solusi atas problematikan yang muncul kelak.

20. Anda Orangnya Senantiasa Terikat dengan Hukum Syara’

Apalah artinya organisasi besar dan sukses di dunia, bila seluruh anggotanya akan tersiksa di Neraka kelak? Sekiranya Anda tengah cocok, berpotensi, dan akan menjadi pemimpin, pastikan Anda tidak melanggar hukum syara’.

Karena tak sedikit ada organisasi yang tidak paham dengan hukum syara’, seperti misalnya melarang anggotnya yang perempuan untuk berhijab syar’i, memaksa anggotanya untuk ikut merayakan hari raya agama lain, membiarkan anggotanya bercampur baur antara pria dan wanita, padahal bukan mahram, sholatnya nggak jelas, dan maksiat-maksiat lainnya.

Lagi pula, sekiranya Anda ingin sukses, pastilah Anda mengajak keseluruhan anggota Anda untuk mendekatkan diri kepada Allah, senantiasa mengamalkan kewajiban yang diperintahkanNya, dan memperbanyak sunnah, agar insya Allah operasional Anda dimudahkan oleh Allah Swt. Dan yang lebih lagi, menjadi beberkah.

Begitulah, kurang-lebih 20 tanda yang menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi pemimpin baik dan hebat. Sekiranya Anda cek, ternyata Anda singkron dengan 20 hal di atas, selamat, tinggal menunggu waktu saja, maka dimulailah kepemimpinan diri Anda. Kemudian silahkan do’akan dan usahakan agar Anda bisa senantiasa mengemban 20 hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Oh iya, ngomong-ngomong, barangkali Anda ada berpikir bahwa ada lebih dari 20 tanda? Mungkin ada tanda lainnya yang cukup urgen, dan membuat cocok juga? Kalau ada, silahkan Anda share yaa di kotak komentar di bawah ini.. ;D

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar