15 Tips Cara Mengobati Jerawat Meradang Secara Alami dan Tradisional

tips-cara-mengobati-jerawat-meradang-secara-alami-tradisional

Faktanya jerawat yang meradang itu memang bisa sangat merisihkan. Baik bisa mengganggu penampilan Anda yang tadinya cakep nan menarik, maupun mengganggu aktivitas Anda karena rasanya sangat menyakitkan, pedih, dan gatal. Dua hal itu saja, sudah sangat cukup menjadi motivasi bagi Anda untuk segera mengobati jerawat membandel tersebut.

Secara global, penyebab kenapa kok bisa timbul jerawat yang meradang itu adalah:

  • pertama, kurangnya keseriusan menjaga kebersihan wajah.
  • Kemudian kedua, diet yang buruk, misalnya kebanyakan memakan makanan olahan, makanan berlemak, berminyak, gorengan, junk food, gula, dan lain-lainnya, sudah begitu jarang olahraga lagi.
  • Lalu, ketiga, karena meningkatnya hormon androgen.
  • Serta keempat, karena keturunan bisa juga.

Nah, kemudian, bagaimana caranya mengobati jerawat yang meradang tersebut? Teruslah membaca artikel hingga selesai, berikut ini adalah 15 tips untuk mengobatinya secara alami dan tradisional.

1. Kenakan Masker Kentang

tips cara mengobati jerawat

Caranya, silahkan Anda ambil satu buah kentang yang masih segar. Terus, lumatkan, hancurkan gitu hingga menjadi halus-halus. Kemudian, oleskanlah pada bagian wajah yang berjerawat. Kalau sudah, biarkanlah selama sekitar 30 menit. Lalu, bilaslah wajah Anda dengan air.

Cara ini lumayan berefek mengobati jerawat, karena kentang itu kan mengandung bahan alkali yang bisa mengurangi minyak pada wajah. Sehingga akan membesarkan kemungkinan berkurangnya jerawat Anda secara alami.

2. Bijak dalam Berinteraksi dengan Kosmetik

sebab jerawat di muka

Kan ada hormon androgen, yang bisa memperbanyak produksi kelenjar minyak. Nah, kalau sementara permukaan kulit tertutup oleh make-up, maka minyak bisa tersumbat, jadilah akan meradang dan timbul jerawat, bahkan bisa meradang.

Yah, ada kan kosmetik yang nggak cocok bisa bikin orang berjerawatan. Misal, nggak sedikit ada yang masalahnya bermula ketika memakai bedak atau foundation yang bertekstur creamy way atau two way cake.

Apalagi ada kosmetik yang kadar alkoholnya tinggi, nah kalau begitu mah lebih besar kemungkinannya si pemakai bakal jerawatan.

Dan satu tips lagi, rajinlah jangan males membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik. Karena kalau malas, dibiarin aja gitu, bisa jadi pemicu terjadinya jerawat.

3. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Gula

penyebab jerawat yang membandel

Yah, seperti yang kita bahas di tips pada awal-awal paragraf tadi, ada baiknya Anda tak hanya terpaku pada perihal eksternal, tapi simak jugalah perihal internal.

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula bakalan membuat kadar insulin di tubuh Anda meningkat, sehingga hormon dan protein dalam tubuh akan berubah, hingga kemudian timbullah jerawat.

Gula itu, dia nggak cuma tidak baik buat tubuh, tetapi juga dia kurang bagus buat kulit. Makanya kalau kadar gula Anda berlebih, nanti bisa membuat kadar glukosa bersifat racun. Proses glycation dan silang protein pun akan naik meningkat. Sehingga, kolagen pun melemah, dan kerutan di kulit akan semakin dalam, semakin dalam, dan semakin dalam..

Bisa dibilang, mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak banget itu akan mempercepat penuaan kulit. Maka dari itu, sebaiknya Anda batasilah asupan gula, dan perbanyak konsumsi air. Dan ingat pula, gula dalam diet Anda itu ada baiknya jangan lebih dari 10% dari asupan kalori total harian Anda.

Adapun makanan dan minuman yang mengandung banyak gula yang mungkin sering Anda konsumsi adalah cemilan-cemilan seperti biskuit, wafer, coklat, kue, dan minuman-minuman ringan seperti soda, teh manis gelas instan, dan sebagainya.

Artikel Lainnya:  Obat Penggemuk Badan Tradisional Cepat: Madu Al-Mabruroh Penggemuk Badan

4. Kenakan Masker Putih Telur Plus Madu

cara mengobati flek hitam di wajah

Caranya, Anda kocoklah bagian putih telurnya sampai berbusa. Kalau sudah, campurlah dengan sedikit madu. Oleskan pada wajah, dan biarkan hingga mengering sebelum dibersihkan.

Cara tradisional ini pun juga lumayan berefek mengobati jerawat, karena kan madu itu memang udah terkenal sebagai antibiotik alami yang bisa mematikan kuman-kuman yang menyebabkan jerawat. Sedangkan putih telur, dia bermanfaat sebagai bahan pembersih wajah, yang memang kinerjanya cukup efektif.

5. Jaga Agar Hormon Anda Tetap Baik-Baik Saja

apa penyebab jerawat di wajah

Hormon ini memiliki andil yang sangat berpengaruh untuk membentuk jerawat. Makanya kan bagi beberapa wanita yang akan dan ketika haid, sering muncul jerawat. Soalnya pas datang bulang gitu, hormonnya jadi labil.

Hormon pada jerawat itu namanya hormon androgen. Nah, hormon androgen ini bisa meningkat tatkala seseorang menjelang maupun sedang akhil baligh, sekitar umur 15 sampai 20 tahun. Makanya bocah-bocah yang baru puber gitu sering mulai bermunculan jerawatnya.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

penyebab jerawat membandel

Seperti misalnya ayam goreng, bakwan, kentang goreng, tempe goreng, tahu goreng, telur mata sapi, keripik, dan sebagainya. Termasuk pula beberapa junk food seperti burger, pizza, dan sebagainya.

Juga makanan yang mengandung lemak trans, seperti susu, produk susu, margarin, mentega dan minyak sayur sintetis, serta makanan yang digoreng sebaiknya dihindari. Tidak semua jenis lemak buruk, akan tetapi jenis lemak ini cenderung memicu munculnya jerawat hingga meradang, dan gangguan kulit.

Selain itu, tatkala Anda banyak mengonsumsi junk food dan gorengan gitu, yang notabene lumrahnya mengandung banyak minyak jenuh, namun Anda tak mengimbanginya dengan berolahraga serta mengatur pola gaya hidup yang baik, maka bisa membuat semakin banyaknya produksi minyak pada wajah.

7. Kurangi Konsumsi Kafein

tips menghilangkan dan mencegah jerawat

Loh kafein juga bisa bikin kita jadi berjerawat? Iya. Soalnya, kan zat kafein itu dia ada kecenderungan untuk memproduksi hormon penyebab stres, hingga kemudian terpiculah tumbuhnya jerawat.

Namun jangan lupa, kafein itu bukan cuma ada di kopi saja yaa.. Ada juga di beberapa jenis teh, minuman ringan, coklat, soda, minuman berenergi dan obat-obat pereda nyeri lainnya. Pastikan Anda ketahui kandungan tiap-tiap apa yang akan Anda konsumsi.

8. Tinggalkan Alkohol

tips untuk mencegah jerawat

Selain memang alkohol itu benda yang haram, termasuk pula mengonsumsinya haram menurut hukum syara’, namun juga sangat mengerikan karena ia ampuh banget untuk menimbulkan jerawat.

Alkohol itu, dia termasuk salah satu zat yang susaaaah banget dinetralkan oleh tubuh. Kalau darah seseorang udah mengandung banyak alkohol, nanti bisa bikin kulit mengering dan mengalami dehidrasi. Kalau udah begitu mah, gampanglah jerawat meradang.

9. Perbanyaklah Minum Air

tips cara mencegah jerawat

Tatkala nanti Anda rutin meminum air putih, sekitar 8-10 gelas air dalam sehari, insya Allah bisa menjaga kelembaban dan mengurangi bengkak. Saya rasa tips ini cukup mudah diamalkan, karena memang cara ini merupakan cara tradsional yang alami.

Namun harus diingat, 8-10 gelas air disitu nggak termasuk kopi atau minuman ringan gitu yaa..

10. Perbanyaklah Makan Buah-Buahan dan Sayur-Mayuran

cara pengobatan jerawat secara alami

Yaps, terutama buah-buahan dan sayur-mayuran yang bisa membantu membakar lemak-lemak dalam tubuh Anda, seperti misalnya apel, brokoli, jahe merah, jeruk lemon, dan lain-lainnya. Ini pun juga jelas alami dan tradisional.

Artikel Lainnya:  10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Anda

Atau, bisa pula Anda minum madu diet ath-thoifah yang memang ampuh mengeluarkan lemak-lemak pada tubuh, namun aman dan tanpa efek samping. Dengan begitu, bisa mengobati jerawat Anda secara tidak langsung.

11. Optimalkan Aktivitas Cuci Muka Anda

cara mencegah jerawatan

Maksudnya optimal disitu, Anda cucuilah muka Anda dengan air bersih, seperti misalnya dengan air mineral. Karena kan nggak menutup kemungkinan bahwa air ledeng di Rumah itu mengandung kadar besi yang cukup tinggi.

Tipsnya, usahakan pula kenakanlah sabun khusus, 2 kai sehari, supaya bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda.

Namun, ingat, jangan lebay juga cuci muka-cuci muka teruuus gitu. Kalau keseringan ntar justru bisa ngilangin kelembaban yang kulit Anda butuhkan. Makanya kan saya bilang optimal, bukan maksimal.

12. Rutin Olahraga Atau yang Semacamnya

cara menghilangkan jerawat dan mencegah jerawat

Intinya sih banyakin aktivitas fisik, biar lemak-lemak di tubuh Anda bisa diubah menjadi energi. Namun tentu ada baiknya aktivitas fisiknya terorganisir, salah satu caranya yang dengan mengagendakan olahraga. Nggak mesti lama-lama dan capek-capek, 30 menit sehari pun bisa. Atau 30 menit per 2 hari juga boleh.

13. Memasak Makanan dengan Cara yang Baik

cara mengobati dan mencegah jerawat

Yah, merebus merupakan cara mengolah makananan yang baik. Seperti misalnya telur rebus, kentang rebus, dan sebagainya. Karena kalau seandainya sayur digoreng gitu, dikhawatirkan kandungan alami, vitamin, zat-zat, dan lain-lainnya, akan berkurang.

Namun kalau seandainya memang Anda harus menggoreng, tipsnya, menggorenglah dengan menggunakan virgin olive oil.

14. Konsumsilah Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

cara tradisional mengobati jerawat

Makanan yang kaya antioksidan itu seperti stroberi, cabai merah, blue berry, dan lain-lainnya. Karena mereka ampuh untuk menghancurkan radikal bebas, sebelum nanti ada suatu komponen berbahaya yang dapat merusak kulit. Udah gitu, bisa pula memperlambat penuaan dan munculnya kerutan di wajah.

15. Konsumsilah Kapsul Bersih Wajah Binasyifa

cara mengobati jerawat secara tradisional

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kebanyakan penyebab meradangnya jerawat adalah karena faktor internal. Alias, dari dalam, daripada dari luar.

Nah, maka dari itu, bila Anda serius ingin mengobati jerawat yang meradang di wajah Anda, yang notabene sangat merisihkan, caranya adalah dengan mengonsumsi produk Kapsul Bersih Wajah Binasyifa ini.

Karena, obat herbal penghilang jerawat dari dalam ini mengandung Andrographis paniculata Extract 200 mg, Acanthus illicifolius Linn Extract 150 mg, dan Curcuma xanthorrhiza Extract 150 mg, yang bermanfaat untuk:

  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • Membersihkan darah kotor dan melancarkan aliran darah
  • Menghilangkan lapisan lemak pada kulit
  • Memelihara kulit agar tetap halus dan lembut
  • Menghilangkan infeksi pada wajah
  • Menghilangkan biang keringat
  • Membantu menguragi alergi kulit
  • Mengobati bisul dan kutil
Untuk info detailnya, bisa Anda lihat di halaman produknya TeknikHidupShop.com.
Nah, itulah kurang-lebih tips bagaimana cara mengobati jerawat meradang yang sangat mengganggu aktivitas harian Anda, secara alami dan tradisional. Semoga bermanfaat, dan jerawat Anda bisa segera terobati. Aamiin.. ^^

Suka konten-konten TeknikHidup ini?


BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar