Cara Menggemukkan & Menambah Berat Badan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Saat puasa di bulan Ramadhan, tak sedikit orang-orang pada turun berat badannya, bahkan menjadi kurus. Dugaan mereka, sebabnya kemungkinan besar karena mereka berpuasa, sehingga mereka kurang makan. Makannya cuman 2 kali, yakni ketika sahur sebelum Subuh, dan berbuka tatkala Maghrib.

Apa Anda juga mengalami hal yang serupa? Bila iya, nah, terus, gimana tuh caranya supaya Anda bisa mudah gemuk kembali? Sementara Anda wajib berpuasa sebulan penuh? Tenang, ada caranya. Silahkan Anda simak tips-tips berikut ini…

1. Jangan Kenyangin Perut Saat Buka Puasa, Supaya Ntar Malam Bisa Makan Lagi..

menambah berat badan saat puasa

Yah itu tadi kan, karena puasa Ramadhan, normalnya orang-orang makan berat 2 kali. Yakni ketika sahur sebelum Subuh, dan berbuka tatkala Maghrib. Nah, kalau Anda, usahakanlah supaya Anda bisa makan 3 kali.

Caranya, Anda bagi-bagi porsi makan Anda ketika sekitar Maghrib yakni saat berbuka, dan sekitar agak malaman seusai sholat tarawih. Maka dari itu, usahakan Anda jangan sampai kenyang banget saat makan berbuka puasanya.

Ketika malamnya nanti, boleh Anda makan makanan berat lagi, seperti nasi misalnya. Meski memang tentu tidak mesti makan makanan berat lagi, bisa juga Anda cukup ngemil saja.

2. Bukan Sekadar Banyak Makan, Tapi Makan Makanan yang Kalorinya Besar

tips menambah berat badan saat puasa

Anda masih ingat dengan pembahasan di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari“? Iya, itulah pengetahuan basic yang Anda butuhkan untuk menggemukkan badan. Anda harus tahu terlebih dahulu, berapa angka kebutuhan kalori tubuh per hari Anda. Supaya dari situ bisa Anda atur, makan apa saja dan sebanyak berapa, agar kemudian berat badan Anda bisa bertambah.

Maksudnya gimana, misalnya begini… Misal, kebutuhkan kalori per hari Anda adalah 2000 kkal. Maka pada hari-hari biasa selama 24 jam Anda ada memakan sejumlah makanan, yang mana semua makanan tersebut bila digabungkan kalori yang terkandung di dalam itu semua ada 2000 kkal.

Artikel Lainnya:  4 Cara Efektif Menambah Berat Badan

Naah, bila Anda ingin menambahkan berat berat badan Anda, besok-besok Anda harus memakan sejumlah makanan, yang mana semua makanan tersebut bila digabungkan kalori yang terkandung di dalam itu semua ada 2500 kkal. Yup, intinya, tambahkan asupan 500 kalori.

Begitu penjelasan ringkasnya.. Agar Anda lebih paham, sangat disarankan Anda untuk membaca artikel Langkah-Langkah Metode Diet Efektif yang Terbaik. Loh, itu untuk orang yang pingin diet..?? Sementara Anda kan maunya menggemukkan badan..?? Tidak apa-apa, baca saja. Caranya mirip-mirip kok. Malah Anda hanya tinggal membaliknya saja. Kalau diet itu dia mengurangi asupan 500 kalori, sedangkan kalau mau gemuk dia menambahkan asupan 500 kalori.

Kalau Anda sudah baca artikel tersebut sampai selesai, insya Allah nanti paham.. dan akan haus praktek..

3. Dapatkan Protein Lebih

cara menambah berat badan saat berpuasa

Bila makan banyak sudah, dan makan makanan yang kalorinya besar juga sudah, jangan lupa, pastikan pula bahwa kalori yang Anda dapatkan tersebut didapat dari protein. Kedua, kabohidrat. Lalu ketiga, lemak. Protein itu penting, soalnya dia berperan untuk membentuk otot tubuh.

Sekiranya karena puasa Anda hanya dapat segelintir protein dari makanan berat, Anda bisa mendapatkan protein lebih, dengan cara meminum susu. Terutama susu kambing, yang notabene proteinnya lebih banyak daripada susu sapi biasanya. Iya, bila Anda serius memang perlu menggemukkan badan, sangat disarankan Anda minum susu kambing.

4. Pastikan Metabolisme Tubuh Anda Baik

cara menjaga berat badan saat puasa

Bila ketiga hal di atas sudah Anda lakukan, sudah makan lebih banyak dan lebih intens, sudah menambah asupan kalori, dan tidak lupa pula kalori yang berasal dari protein, maka jangan lupa pula Anda pastikan supaya metabolisme tubuh Anda tetap dalam keadaan baik.

Artikel Lainnya:  8 Penyebab Sakit Perut Saat Menstruasi (Haid Senggugut)

Baiknya metabolisme tubuh itu penting, karena dia erat kaitannya dengan pengaturan zat-zat dalam tubuh. Nah, dikhawatirkan kondisi metabolisme itu kurang membaik bila terjadi perubahan jadwal makan yang signifikan. Kalau sudah begitu, dikhawatirkan pula proses penyerapan nutrisi pada apa-apa yang Anda makan, jadi kurang optimal.

Terus, caranya supaya metabolisme tubuh Anda tetap dalam kondisi baik caranya bagaimana, normalnya adalah tetap menjaga intensitas konsumsi Anda. Anda secara kontiniu makan dan minum terus. Tidak mesti banyak, sedikit saja pun bagus, yang penting karena intens maka metabolisme tetap bekerja.

Bisa pula metabolisme Anda tetap terjaga dengan baik, dengan cara Anda meminum Madu Penggemuk Badan Al-Mabruroh, yang bisa Anda dapatkan di TeknikHidupShop.com.

5. Pastikan Nafsu Makan Anda Terjaga

agar tidak kurus saat berpuasa

Sudah bukan rahasia umum, ada kelakukan kurang baik yang biasa disebut “balas dendam” tatkala berbuka puasa. Salah satu dampak kurang baiknya adalah, bila Anda melakukan “balas dendam” tersebut, Anda tidak akan banyak makan lagi sampai malam harinya, karena memang sudah sangat kekenyangan. Bahkan di lain kasus, hilang selera makan.

Kemudian apabila Anda jadi tidak punya selera makan, maka dikhawatirkan target asupan kalori Anda tidak bisa Anda capai, lantaran Anda tidak sanggup makan apa-apa lagi.

Maka dari itu, pastikan nafsu makan Anda tetap terjaga. Bila memang sukar, kebetulan Madu Penggemuk Badan Al-Mabruroh tersebut juga sangat ampuh untuk menambah nafsu makan Anda.

Nah, begitulah kurang-lebih 5 tips terkait bagaimana cara supaya Anda bisa gemuk dan berat badan bertambah saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat, bila ada yang kurang Anda mengerti, silahkan layangkan di kotak komentar di bawah ini… 🙂

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar