12 Buah-Buahan Penurun Berat Badan Tercepat

Salah satu usaha agar berat badan bisa turun adalah, dengan cara mengganti kebiasaan memakan makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori, menjadi makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Nah, buah-buahan adalah makanan yang seperti itu. Ia rendah lemak dan kalori, namun kaya akan serat.

Meskipun gitu, tidak berarti sembarang buah apapun Anda makan sembari berharap nanti berat badan Anda ujuk-ujuk turun. Bukan seperti itu.


Tentu tiap-tiap buah itu memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda, termasuk dalam perkara penurunan berat badan.

Nah, berikut ini, adalah 12 buah-buahan penurun berat badan yang insya Allah cepat dampaknya.

1. Nanas

buah-buahan yg bisa menurunkan berat badan

Nanas ini termasuk buah yang unik, karena dia bebas kolesterol dan lemak. Selain itu, nanas ini juga kaya akan antioksidan, mineral, vitamin, serat, dan nutri urgen lainnya. Maka dari itu, berhasilnya program diet Anda sangat memungkinkan terjadi, sekiranya Anda juga memakan nanas ini.

Selain itu, hebatnya, nanas ini dia mengandung 85% air yang bisa membuat perut Anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang lumayan tidak sebentar. Sehingga, jadinya nafsu makan pun turun deh.

2. Semangka

buah-buahan yg dapat menurunkan berat badan

Hebatnya semangka ini mirip dengan hebatnya nanas. Soalnya, dia ini bebas dari lemak. Karena semangka ini kebanyakan mengandung air, yang notabene kaya banget akan vitamin A dan C. Dengan Anda mengonsumsi vitamin A dan C tersebut, dapat berkuranglah tekanan darah Anda, dan terpompalah energi tubuh Anda. Dengan begitu, Anda jadi bakal lebih bertenaga.

Dan satu manfaat yang berguna banget itu, semangka ini bisa mengurangi rasa lapar lebih lama, lantaran banyak kandungan airnya.

3. Pisang

buah-buahan yang baik untuk menurunkan berat badan

Pisiang banyak mengandung pati yang bisa larut, makanya ia bakalan memproses pembakaran lemak dengan sangat cepat. Lagipula, ia kan punya kandungan serat yang tinggi, sedangkan kandungan kalorinya rendah.

Selain itu, bila Anda rutin mengonsumsi pisang disertai minum air putih, maka bisa juga membuat Anda lebih lama dalam keadaan kenyang.

4. Apel

jenis buah-buahan yang baik untuk diet

Apel pun jelas ia kaya akan serat. Apalagi dengan rasanya yang manis, kadang bisa meredam kemauan kita untuk ngemil.

Dan yang lebih bagusnya lagi, apel ini bisa membersihkan sistem di dalam tubuh, kinerja optimal, lalu secara tidak langsung berat badan Anda pun bisa turun.

Artikel Lainnya:  Sering Mengantuk di Pagi Hari, Gejala Apa Itu? Bisa Jadi Gejala 6 Hal Ini

Bonus manfaatnya, apel ini juga rendah gula, baik untuk kesehatan gigi, dan wajah Anda.

5. Jeruk

buah-buahan yg baik untuk diet

Kalau jeruk apalagi, kita semua sudah tahu bahwa jeruk ini banyak kandungan airnya. Selain itu, ia juga bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Makanya ia dinobatkan salah satu sumber energi yang sangat sangat sangat bagus. Termasuk, cocok dikonsumsi sebagai penurun berat.

Belum lagi kita bahas bahwa jeruk kita kaya banget vitamin C-nya, vitamin D-nya, lemak omega 3-nya, potasiumnya, dan folatnya. Lagipula kan kandungan kalorinya rendah, cuma ada 110 kalori yang ada pada 1 buah jeruk.

Oh iya, khusus jeruk ini, tidak disarankan diminum dalam bentuk jus.. Soalnya kandungan seratnya terdapat di kulit arinya..

Dan disarankan sih Anda mengonsumsi jeruknya itu jenis jeruk Bali. Karena pernah ada dilakukan sebuah penelitian di John Hopkins University, bahwa ada seorang wanita yang menguruskan badan dengan buah ini setiap hari, akhirnya berat badannya menurun sebanyak 10 kg, dalam 13 minggu saja. Malahan dia itu nggak ada mengubah gaya hidup lainnya, termasuk konsumsi makanan sehatnya loh..

6. Kiwi

buah-buahan diet

Kalau kiwi ini kan memang terkenal sering dimasukin di daftar makanan orang yang mau diet. Soalnya dia memang punya kandungan serat yang tinggi, makanya nanti bisa bikin nafsu makan orang berkurang. Jadinya nggak mudah lapar.

Selain itu, kiwi ini juga baik buat pencernaan. Bonus manfaat lainnya, ia ini juga termasuk sumber vitamin C yang baik loooh…

7. Lemon

cara diet dengan buah-buahan lemon

Naaaah, lemon ini, ini yang paling terkenal nih sebagai buah penurun berat badan tercepat.. Makanya kan sampai ada produk lemon tea dan sejenisnya gitu, hehehe…

Kenapa lemon ini hebatnya heboh banget, karena dia bisa membakar lemak-lemak yang ada di tubuh Anda, hingga kemudian dicerna supaya jadi tenaga. Sehingga insya Allah tidak ada lagi lemak-lemak yang numpuk, yang bikin Anda gemuk.

Bonus manfaat lainnya, buah lemon ini juga membantu sistem metabolisme tubuh Anda. Sudah begitu, dia juga bisa menambahkan cairan tubuh Anda

Biasanya sih, orang-orang memanfaatkan buah lemon ini dengan cara memerasnya, terus diseduh dengan air hangat, dan ditambahkan madu. Katanya sih, cara seperti ini lebih baik..

Artikel Lainnya:  Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

8. Stroberi

jenis buah-buahan untuk diet

Sebetulnya sih tidak hanya stroberi, tapi juga blueberry, dan raspberry, bagus banget buat metabolisme tubuh. Karena buah berry-berry ini, bisa menetralkan racun dan materi lain yang nggak bisa dicerna tubuh.

Namun inti hebatnya, stroberi ini bisa mengurangi kolesterol jahat, makanya cocok banget dikatakan buah-buahan penurun berat badan.

9. Persik

buah-buahan untuk menurunkan berat badan

Kandungan gula yag ada di Persik ini oke punya, soalnya diperlukan tubuh. Lagian, persik ini juga memiliki energi yang diperlukan untuk memulai proses pencernaan. Nah, apabila Anda melibatkan persik ini dalam program diet Anda, insya Allah, penurunan berat badan Anda bakal lebih segera.

10. Pepaya

diet dengan buah-buahan

Pepaya pun juga kaya kandungan vitamin A dan C-nya, kandungan seratnya, dan mineralnya. Makanya ia punya julukan, obat pencahar.

Pun banyak juga yang bilang bahwa pepaya ini bisa membantu maksimalnya kerja organ lambung dalam mencerna makanan, dan melancarkan kerja dari seluruh sistem metabolisme tubuh, supaya mengeluarkan sisa-sisa makan, beserta racun-racun yang ada di dalam tubuh, melalui eek.

Sekiranya Anda sudah coba macem-macem cara diet, namun kurang berhasil, mungkin Anda bisa coba makan buah pepaya ini dulu. Siapa tahu, lemak-lemak menumpuk di tubuh Anda, yang menghalangi diet Anda, bisa cepat disirnakan dengan pepaya ini.

11. Melon

buah-buahan yang cocok untuk diet

Sama juga, melon ini banyak kandungan mineralnya, dan kadungan vitaminnya pun tinggi, serta kandungan airnya pun banyak. Makanya ia bisa memperlancar pencernaan tubuh. Berarti cocok nih Anda konsumsi buat nurunin berat baddan Anda. Mana tahu lemak-lemak di tubuh Anda bisa turun nanti.

12. Kelapa

buah-buahan yang dapat menurunkan berat badan

Kelapa ini nih, dia ini bisa loh meningkatkan metabolise hati sebanyak 30%. Lantaran dia mengandung trigliderida rantai menengah. Para ahli juga berpendapat, kelapa ini bisa membantu Anda untuk berhenti “berurusan” sama junk food. Dengan begitu, proses turunnya berat badan pun jadi lebih cepat. Soalnya berkurang gangguan ya kan, hehehe!

Anda bisa mengonsumsinya baik dalam bentuk minyak kelapa, santan rendah lemak, tepung kelapa, kelapa parut tanpa gula, dan lain-lainnya.

Sumber materi: AlamiIlmiahDotCom, KonsultanKolesterolDotCom, BuahUntukDiet.org, TipsDietKuDotCom, DietSehatCantikDotCom, LangkahSehatDotCom
Sumber gambar: Pixabay

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

BAGIKAN

Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.