Panduan Praktis Cara Mengobati Kulit Kering

Kulit kering, istilah ilmiahnya Xerosis atau Asteatosis, merupakan sebuah kondisi ketika terjadi anomali kadar minyak dalam kulit. Anomali kadar minyak ini menyebabkan kulit memiliki kadar minyak yang kurang sehingga kehilangan kelembabannya.


Tentulah hal tersebut meresahkan Anda. Sebab, ketika Anda mengalami kulit kering; jadinya wajah, tangan, dan badan terlihat kusam dan bersisik. Malahan kadang kulit bisa mengelupas, hingga pecah-pecah.

Yang lebih meresahkan lagi, kulit yang kering biasanya rentan terkena tanda-tanda penuaan dini, munculnya noda hitam, flek, dan garis-garis halus.. Jadi makin tidak pede deh..

Meski memang kulit kering biasa dialami oleh wanita paruh baya yang akan mengalami menopause. Tapi, nggak menutup kemungkinan Anda yang masih berusia belia pun bisa juga kulitnya mengering..

Nah, maka dari itu, sebelumnya, supaya Anda bisa tahu bagaimana cara mengobati kulit kering tersebut, ada baiknya Anda ketahui dulu, apa penyebab kenapa kulit Anda bisa menjadi kering?

Apa Penyebabnya Kok Kulit Mengering?

Kulit yang kering bisa terjadi karena banyak hal. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Sinar Matahari yang Sangat Menyengat

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis dengan sinar matahari yang menyengat, kebanyakan akan mengalami kondisi kulit yang kering seperti ini.

2. Kontak Zat-Zat Kimia

Kulit sering terkena zat-zat kimia. Ketika berenang, biasanya kulit Anda akan terkena zat klorin yang terkandung dalam air kolam secara langsung. Selain itu, kulit juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah ketika terkena deterjen, sabun, atau zat-zat kimiawi lainnya.

3. Kurangnya Produksi Minyak Alami

Kulit kering biasanya dialami oleh wanita paruh baya yang mengalami menopause. Seiring dengan bertambahnya umur, produksi minyak alami yang berada di dalam tubuh mulai berkurang. Berkurangnya produksi minyak ini mengakibatkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, serta keriput.

4. Rendahnya Kelembaban Lingkungan

Bisa juga kulit Anda mengering lantaran Anda terlalu sering terpapar cuaca dingin, atau berada di tempat dengan tingkat kelembaban rendah. Seperti misalnya ruangan yang ber-AC.

5. Karena Memang Genetik

Kulit kering bisa disebabkan karena keturunan atau genetik. Beberapa penyakit keturunan yang menyebabkan kulit menjadi kering yaitu hiperkeratosis, epidermolitik, dan iktiosis vulgaris.

Terus, Cara Mengobatinya?

Nah, setelah kita mengetahui ternyata itulah hal-hal yang bikin kulit Anda jadi kering, maka sekarang bisalah kita ketahui pula hal-hal yang cocok untuk mengatasinya. Yakni, berikut ini dia..

Artikel Lainnya:  10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Anda

1. Kenakan Pelembab Khusus

Anda harus mengakrabkan diri dengan pelembab yang memiliki tekstur rich dan creamy. Penggunaan petroleum jelly dan minyak mineral juga bisa menahan kelembaban kulit Anda dan mengobati kulit kering agar menjadi kenyal.

2. Hati-Hati Kontak Zat Kimia

Hindari kontak langsung dengan zat-zat kimia tertentu, semisal deterjen dan sabun yang akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda.

3. Rutin Minum Air Putih dan Rajin Berolahraga

Agar kelembaban kulit Anda tetap terjaga, ada baiknya Anda senantiasa minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan juga berolahragalah secara teratur. Keluarnya keringat karena olahraga akan membuka pori-pori kulit. Kulit Anda akan terlihat lebih segar dan cerah karena kotoran yang terkandung dalam kulit ikut terbuang bersama keringat.

4. Konsumsi Vitamin A, C, dan E, Serta Lemak

Banyak mengkonsumsi makanan sehat. Kulit yang kering membutuhkan cukup konsumsi vitamin A, C, dan E. Ini bisa Anda temukan buah kiwi, anggur, pepaya, apel, pisang, dan kacang almond. Anda juga harus memiliki asupan lemak yang cukup. Lemak yang baik untuk mengobati kulit kering Anda adalah asam lemak omega yang terkandung pada kacang-kacangan, ikan salmon, dan alpukat.

5. Lakukan Disiplin Sebelum, Sesaat, dan Sesudah Mandi

Jaga kebersihan kulit Anda dengan mandi dua kali sehari. Rutin membersihkan diri akan membuat kulit Anda tidak terlihat kusam.

Namun, perhatikan agar tidak mandi dengan air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Ini malah akan membuat kulit Anda menjadi semakin kering.

Keringkan tubuh dengan benar sehingga terhindar dari resiko terkena jamur kulit. Biasakan untuk menggunakan hand and body lotion, body butter, atau body cream ke seluruh tubuh sesudah mandi agar kulit Anda terasa lembab.

Tips Merawat Kelembaban Kulit Agar Tidak Mengering Lagi Nanti

Mengobati kulit yang kering agar kembali menjadi kenyal kembali saja tidak cukup. Kalau kulit Anda sudah berhasil menjadi kenyal, setelah itu masih ada lagi yang harus Anda lakukan, sebagai antisipasi, agar kulit Anda tidak kembali mengering lagi seperti sebelumnya.

Buat apa ya kan capek-capek udah diatasi tapi besok-besok kulitnya malah kering lagi?

Nah, berikut ini beberapa cara bagaimana perawatan kulit yang harus Anda lakukan, untuk meminimalisir agar kulit Anda tidak kembali kering lagi, dan tetap kenyal.

1. Maksimalkan Penggunaan Moisturizer atau Pelembab

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda harus memaksimalkan penggunaan moisturizer atau pelembab. Beberapa produk di pasaran telah merilis pelembab-pelembab yang bagus untuk mengatasi kulit kering serta menjaga kelembaban. Pilihlah yang memiliki tekstur rich dan creamy.

Artikel Lainnya:  Cara Menggemukkan & Menambah Berat Badan Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Hindari penggunaan gel karena bahan gel lebih cocok untuk mereka yang memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak.

Ada baiknya Anda menggunakan cream herbal, seperti halnya Ayla Premium Lightening Cream, yang dapat Anda beli secara online di TeknikHidupShop.com. Karena Ayla Cream ini merupakan cream herbal, tentu aman digunakan. Ayla Cream ini juga mempunyai 21 manfaat, diantaranya adalah membuat kulit menjadi kenyal, namun tanpa membuat Anda khawatir lembabnya kulit akan memunculkan jerawat, karena ia juga sekaligus dapat mencegah jerawat. Dan tentu masih banyak lagi manfaat lainnya.

Dan salah satu khasiat unggulnya, Ayla Cream ini dia bisa memacu pertumbuhan (regenerasi) sel-sel baru di wajah, sehingga noda yang lama tersamarkan dan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Tentu cara ini lebih aman daripada dengan cara mengelupas kulit.

2. Kenakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk memberikan nutrisi lebih pada kulit Anda.

Caranya, silahkan Anda campurkan minyak zaitun dengan kuning telur yang sudah dikocok. Lalu, tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Kemudian, aduk rata. Terakhir, gunakan campuran ini sebagai masker di wajah Anda. Diamkan hingga kering. Lalu, bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini minimal seminggu sekali.

Bisa pula dengan campuran bengkoang, tepung gandum, minyak zaitun, dan jeruk nipis. Campur semua bahan tersebut dan pergunakan sebagai lulur ke seluruh badan.

3. Kenakan Madu pada Kulit Wajah, Tangan, dan Lain-Lainnya

Madu pun dapat membantu Anda merawat kelembaban kulit. Anda bisa mengoleskan madu ke seluruh wajah, diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat.

Anda juga bisa mencampur madu dengan kuning telur. Kocok campuran tersebut, oleskan ke seluruh wajah, leher, lengan, dan bagian kulit lain yang kering dan bersisik. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Saatnya Praktek

Nah, begitulah singkatnya panduan praktis mengobati kulit yang kering, namun cukup lengkap dan solutif. Silahkan, mulai Anda agendakan. Semoga berhasil ya! 🙂

Nanti, kalau ada perubahan yang baik, kabar-kabari via kotak komentar di bawah ini yaa.. 😀

Sumber gambar: Pixabay.com

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

BAGIKAN

Yohana adalah Mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang senantiasa semangat menulis.