Cara Membasmi Tikus Rumah dengan Efektif

Cara Membasmi Tikus Rumah dengan Efektif

Tikus yang banyak diadopsi kedalam bentuk bentuk kartun lucu sebenarnya, bentuk dan rupa aslinya lumayan menjijikan dan bikin geli bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi kalau tikus sampai berkeliaran di dalam rumah.

Tikus sendiri sebenarnya tidak hanya berusaha memakan makanan-makanan yang ada di dapur, melainkan kadang-kadang juga berubah jadi agresif dan menggigit manusia.

Menurut pusat pengendalian penyakit, tikus adalah hewan yang bisa menyebarkan berbagai penyakit melalui kontak langsung dengan manusia, entah itu dari kotorannya, dari air liurnya, dari urinnya, hingga gigitan dan atau hanya kontak saja.

Penyakit yang disebabkan oleh tikus

Berikut adalah daftar penyakit yang bisa diakibatkan oleh tikus.

  • Hantavirus. Jenis penyakit ini bisa mengancam jiwa manusia ditularkan oleh hewan pengerat.
  • Salmonella adalah sejenis bakteri yang biasanya ada pada makanan.
  • Lymphocytic choriomeningitis. Ini adalah penyakit menular yang menyebabkan masalah neurologis serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Dapat juga menyebabkan ensefalitis yaitu sejenis radang otak.
  • Beberapa penyakit lain yang disebarkan oleh tikus melalui serangga atau kutu diantaranya adalah: penyakit lyme, colorado tick fever, babesiosis, dan rickettsialpox.

Itulah sebabnya mengapa kita dianjurkan untuk membasmi tikus dari rumah agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Beberapa cara membasmi tikus rumah yang efektif diantaranya adalah:

1. Membasmi tikus dengan racun

Racun tikus adalah pembasmi tikus yang paling ampuh yang hingga saat ini rasanya masih belum ada tandingannya. Racun biasanya dikombinasikan dengan jebakan berupa makanan yang disukai oleh tikus.

Beberapa makanan yang bisa dipilih untuk menjebak tikus dengan racun diantaranya adalah: ikan, roti tawar, coklat, dan selai kacang.

Menggunakan racun harus dengan hati-hati karena karena berbahaya bagi manusia. Agar lebih aman, beberapa tips berikut ini sebaiknya Anda ingat.

  • Gunakan sarung tangan plastik saat membubuhkan racun tikus pada makanan seperti roti misalnya.
  • Pastikan Anda menempatkan makanan penjebak di sebuah wadah yang bisa langsung dibuang atau tidak lagi dipakai.
  • Habis atau tidak habis, makanan jebakan tikus harus segera dibuang di tempat yang aman, bisa dengan dikubur di tanah atau dengan membuangnya di tempat sampah menggunakan kantong plastik.
  • Jauhkan racun tikus maupun jebakan dari jangkauan anak-anak. Pastikan anggota keluarga yang lainnya tahu.
  • Gunakan racun tikus hanya jika sangat terpaksa. Jika memungkinkan untuk menggunakan jebakan yang aman, maka jembatan yang aman jauh lebih dianjurkan walaupun mungkin tidak seefektif racun tikus.
Artikel Lainnya:  Bener-Bener! 11 Penemuan Baru Ini Bakalan Sangat Memudahkan Hidupmu!

Jebakan seperti ini memiliki beberapa kelemahan. Selain berbahaya, tikus yang mati akibat racun kadang-kadang tidak mati ditempat. Melainkan di tempat-tempat lain yang sulit dijangkau sehingga kadang-kadang bangkainya menyebabkan bau menyengat.

2. Jebakan tikus

Jebakan tikus bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari:

  • Jebakan berbentuk sangkar.
  • Jembatan dengan menggunakan lem tikus.
  • Jembatan berbentuk penjepit, seperti misalnya Joni Cat yang dapat Anda beli di Shop.TeknikHidup.com.
  • Atau bisa juga membuat sendiri (DIY) dari benda-benda yang bisa membuat tikus terperangkap seperti ember dan yang lainnya.

Dari beberapa pilihan di atas, menjebak tikus menggunakan jebakan yang tidak mengeluarkan bau tertentu cukup efektif. Jebakan berbentuk sangkar atau jebakan berbentuk penjepit sangat efektif apabila umpan yang diberikan adalah makanan yang paling disukai oleh tikus.

Jebakan sebaiknya diletakkan di tempat dimana tikus sering lalu lalang atau di tempat-tempat dimana tikus sering terlihat.

3. Memelihara hewan peliharaan

Memelihara hewan piaraan seperti kucing bisa membantu menghalau tikus dari dalam rumah. Hanya dengan mendengar suara kucing, tikus akan lari terbirit-birit dan dijamin tidak akan sering nongol.

4. Basmi tikus dengan suara

Tikus tidak terlalu suka dengan suaranya bising atau berisik. Mereka cenderung lari menghindar apabila mendengar suara. Di tempat-tempat yang sering dilalui tikus, Anda bisa meletakkan mainan tertentu yang mengeluarkan suara. Akan tetapi cara ini cenderung membuat kita yang tinggal di rumah menjadi kurang nyaman karena agak berisik.

Pilihan yang lebih alami bisa menggunakan jangkrik. Jangkrik yang sering mengerik di malam hari bisa dimanfaatkan suaranya untuk mengusir tikus. Memelihara jangkrik juga tidak terlalu mahal biayanya. Selain itu, jangkrik juga bisa dimanfaatkan untuk pakan burung selain untuk digunakan mengusir tikus.

Artikel Lainnya:  Cara Membersihkan Laptop dari Debu, Selain Harus ke Tempat Service

5. Membasmi tikus dengan daun mint

Di Indonesia, daun mint memang lumayan langka dan sulit ditemukan. Namun jika Anda kebetulan punya, Anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi tikus. Atau jika Anda tidak punya daun mint, Anda bisa mencari sesuatu yang memiliki aroma daun mint. Karena sejatinya, tikus sangat tidak suka dengan aromanya.

Cara efektif membasmi tikus dari rumah dengan daun mint adalah dengan mengambil sarinya kemudian dilarutkan ke dalam air, lalu gunakan untuk menyemprot lubang tikus, tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Alternatif lainnya adalah dengan menanam pohon mint di sekitar dimana tikus sering terlihat.

Aroma lain yang juga tidak disukai oleh tikus adalah aroma kapur barus, aroma kulit durian yang menyengat, aroma air perasan buah mengkudu.

Saat berusaha membasmi tikus dari rumah, Anda harus berhati-hati jika ada hewan peliharaan seperti anjing atau kucing serta anak kecil. Karena biasanya mereka cenderung tertarik terhadap berbagai bentuk benda-benda yang kita gunakan untuk menjebak tikus. Jadi, agar lebih aman, pastikan ruangan yang digunakan untuk menangkap tikus tidak dimasuki oleh hewan peliharaan atau bayi.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar