Persaingan Jadi Pegawai Negeri itu Memang Sulit, Makanya Simak 5 Tips Ini Agar Bisa Lebih Mudah!

tips-mendapatkan-pekerjaan-di-pemerintahan
Sumber gambar: Pixabay.com

Penawaran kerja di pemerintahan seringkali memiliki tingkat persaingan yang ketat.

Karena memang banyak orang yang tertarik dengan keamanan pendapatan, tunjangan kesehatan, atau keuntungan dana pensiun, institusi pemerintah merupakan pemberi kerja yang sangat diminati.

Siapa yang tidak menginginkan hal bagus tersebut? Yang notabene bisa jadi lebih menyamankan daripada pekerjaan di sektor swasta.

Nah jika Anda adalah seorang lulusan baru, ataupun sedang bekerja di perusahaan swasta kecil yang secara serius mempertimbangkan bekerja menjadi pegawai negeri; maka pertimbangkan tips-tips berikut untuk mendapatkan pekerjaan di pemerintahan.

1. Survei pasar

Sumber gambar: career4malaysia.blogspot.com

Meski pekerjaan di sektor pemerintahan jauh lebih sedikit dibanding dengan pekerjaan swasta, bukan berarti bahwa pasarnya jauh lebih mudah dimengerti. Pemerintah memperkerjakan lebih dari dua juta orang, maka ada banyak hal yang harus dipelajari tentang lowongan yang tersedia dan pekerjaan seperti apa yang paling banyak dibutuhkan.

Salah satu langkah terbaik untuk memulai adalah menggunakan mesin pencarian kerja, seperti Neuvoo.

Bahkan jika Anda tidak menemukan pekerjaan yang Anda inginkan secara langsung, memahami pekerjaan yang sedang ditawarkan akan membantu kita untuk memusatkan usaha untuk mengamankan pekerjaan di pemerintahan.

2. Targetkan prioritas

Sumber gambar: Pixabay.com

Dengan jutaan pencari kerja dan ribuan lowongan pekerjaan, kemungkinan baiknya adalah ada satu pekerjaan di suatu instansi pemerintahan yang cocok untuk Anda.

Akan tetapi, berpetualang dengan harapan untuk menemukan kesempatan di mana saja akan membuat Anda frustasi dan lelah. Sangat penting untuk memprioritaskan jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan persyaratan pengalaman yang sesuai dengan yang Anda punya.

Jika Anda tidak benar-benar paham bagaimana mencocokkan peran tersebut, kunjungi Neuvoo; bicara dengan konsultan karir, atau luangkan waktu untuk sholat istikhoroh guna menentukan arah yang Anda inginkan.

Artikel Lainnya:  6 Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerjanya

Ada banyak referensi bacaan dan podcast yang fokus pada kehidupan setelah perkuliahan dan masa transisi, maka pertimbangkan untuk menbaca atau mendengarkan beberapa untuk mendapatkan inspirasi dan membantu menemukan jalan Anda.

3. Manfaatkan jaringan

Sumber gambar: Pixabay.com

Masa perkuliahan dengan sendirinya biasanya memiliki koneksi yang kuat, dan ini sangat menguntungkan untuk mencari pekerjaan di pemerintahan.

Bahkan jika meski tak seorang pun di jaringan langsung anda seperti teman, kolega dan kenalan bekerja di pemerintahan, kesempatan yang mungkin adalah salah satu dari mereka mengetahui seseorang yang bekerja di sana.

Begitu Anda mengetahui siapa yang berkaitan dengan pekerjaan di pemerintahan, atur untuk melakukan wawancara kecil untuk mendapatkan informasi. Tanyakan bagaimana cara untuk menjadikan diri sebagai kandidat yang lebih baik dari yang lain, kesempatan kerja seperti apa yang mereka ketahui, dan bagaimana mereka mengamankan posisi mereka.

Semoga seseorang dapat membawa resume Anda dan membuatnya mungkin untuk berapa di tumpukan lamaran kerja yang paling atas, atau setidaknya Anda mendapat beberapa nasihat.

4. Periksa resume

Sumber gambar: Pixabay.com

Memperbarui resume Anda merupakan ide yang bagus, khususnya untuk pekerjaan di pemerintahan.

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat resume Anda adalah memastikan terdapat kata kunci-kata kunci yang tepat.

Beberapa organisasi menggunakan pencarian kata kunci dan akan menyingkirkan resume yang tidak mengandung kata kunci yang diperlukan, dan bahkan manusia cenderung mengandalkan kata kunci-kata kunci yang mudah dimengerti.

Pekerjaan di pemerintahan terkenal dengan berbagai istilah, dan akan sangat membantu dalam menambah daya tarik jika dapat meluangkan waktu mempelajari tentang istilah tersebut.

5. Bergegas dan tunggu

Sumber gambar: Pixabay.com

Kesabaran adalah kunci untuk semua para pencari kerja – keseluruhan proses pencarian kerja Anda biasanya memakan waktu berbulan-bulan. Melakukan pencarian, mengirimkan resume, melakukan tindak lanjut, wawancara, dan tindak lanjut lagi dapat memakan waktu , akan tetapi usaha yang gigih tentunya akan memberikan hasil.

Artikel Lainnya:  Cara Kerja Efektif dan Efisien Dimana Saja: Ini 5 Jurus Mantapnya

Berkonsentrasilah pada pencarian kerja karena pekerjaan datang dan pergi dengan sendirinya. Luangkan waktu satu atau dua jam setiap hari untuk pencarian kerja dan Anda akan mendapatkan momentum yang tepat seiring waktu berjalan.

Kesabaran diperlukan tidak hanya dengan membiarkan keseluruhan prodes berjalan dengan sendirinya, tetapi juga ketika menunggu satu atau dua minggu untuk mendapatkan kabar dari perusahaan, atau mengirimkan email konfirmasi. Jika Anda dapat melewati semua ini, sesungguhnya menghadapi pekerjaan baru Anda akan lebih mudah ketika waktunya tiba. 

BAGIKAN

Bagaimana menurut Anda?

Komentar