7 Bahaya Duduk Terlalu Lama, Seharusnya Kita Kapok Nih

bahaya duduk terlalu lama

Nyaris setiap orang hari ini kebanyakan dan terlalu lama duduk. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pegawai. Apalagi sampai berjam-jam gitu. Meski ada juga yang kebanyakan duduk dalam rangka melakukan hal yang kurang penting, seperti misalnya menonton dan main game.

Kalau kita mau teliti, sebetulnya fakta bahwa orang yang kebanyakan duduk itu dia banyak sakitnya. Tidak seperti yang rajin melakoni aktivitas fisik, nggak kebanyakan duduk; umumnya dia cenderung lebih sehat daripada mereka yang kebanyakan duduk.

Setidaknya, biasanya orang yang kebanyakan dan kelamaan duduk itu bakal menderita hal ini:

1. Punggung dan pinggang pegal banget, hampir tiap hari

sakit pinggang setelah duduk lama
Sumber gambar: Vimeo

Ini pun terbukti. Tak sedikit kan beberapa pegawai, mahasiswa, yang notabene kebanyakan duduk; itu suka kalau badannya dipijat. Sedangkan semakin mudanya seseorang, bahkan anak-anak; tidak begitu ingin badannya dipijat.

Terlebih lagi apabila fakta orang dewasa tersebut memang kebanyakan duduk di depan laptop.

Hal ini wajar, karena kalau duduk terus itu kan, bikin otot kita jadi kaku dan tegang. Nyaris tidak ada aktivitas fisik soalnya.

2. Fungsi otak jadi agak menurun, jadi susah konsentrasi

akibat duduk terlalu lama
Sumber gambar: Flickr

Fakta ini pun beberapa kali terjadi, terasa saat kita sudah cukup lama duduk, rasanya agak jenuh dan jumud. Pingin berhenti dulu.

Kemudian, setelah kita berdiri, melakukan aktivitas lain, barulah jadi ada rasa semangat untuk kerja kembali.

Karena kan, duduk itu kan nyaris tidak ada aktivitas fisik. Sehingga peredaran darah kurang lancar. Termasuk asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun jadi agak macet.

Maka, haruslah Anda melakukan aktivitas fisik, agar lancaranya peredaran darah ke otak senantiasa terjaga. Sehingga, membuat Anda jadi tetap enak berkonsentrasi saat kerja.

3. Postur tubuh pun bisa terganggu, kemudian rusak

akibat banyak duduk
Sumber gambar: Flickr

Meski memang pada poin yang ini, dampaknya tidak instan. Bisa jadi muncul dalam beberapa saat kemudian.

Artikel Lainnya:  Obat Batuk Pilek Flu Anak & Bayi Umur 1, 2, 3, 4, Tahun Dan Seterusnya

Yang terjadi adalah, tulang belakang kita menjadi penopang badan ketika sedang duduk. Sehingga terjadi tekanan yang terus-menerus, yang bakal membuat tulang belakang semakin merasa terbebani. Yang notabene bebannya itu di luar kesanggupannya.

Selain seperti itu, bisa juga sendi belakang mengalami gangguan. Karena, sendi bagian belakang tubuh kita itu dia nggak bergerak secara bebas, sebagaimana yang seharusnya. Dan posisi seperti itu secara terus-menerus bisa bikin sendi di panggul tak dapat bergerak dengan baik. Akhirnya, sendi pun mengalami gangguan fungsi, dan sifat fleksibelitasnya turun terus.

4. Memungkinkan menderita penyakit jantung

efek terlalu lama duduk
Sumber gambar: Pixabay

Duduk terus, kurang aktivitas fisik, bakal bikin aliran darah melambat. Karena hal itu, jadinya otot nggak bisa membakar kalori seperti lemak. Sehingga, lemak-lemak tersebut jadi menumpuk otot dan pembuluh darah.

Kalau pembuluh darah sudah tersumbat, maka tentu memungkinkan terjadi gangguan pada jantung kan.

Apalagi kalau duduknya semakin lama, pun aktivitas fisiknya minim sekali; waduh…

5. Memungkinkan terjangkit penyakit diabetes

duduk terlalu lama
Sumber gambar: Pixabay

Kebanyakan dan kelamaan duduk juga bisa menurunkan sistem kerja pankreas. Sehingga, pankreas hanya bisa memproduksi sedikit insulin. Walaupun duduknya nggak lama-lama banget pun, yang pasti produksi insulin tetap bakal berkurang.

Oleh karena itu, tubuh pun jadi kekurangan insulin. Akhirnya, bakal banyak gula di tubuh. Semakin hal ini terjadi terus-menerus, semakin memungkinkan terjadilah diabetes.

6. Jadi sering ngantuk

akibat terlalu lama duduk
Sumber gambar: Pixabay

Penyebab orang mengantuk itu memang ada banyak. Namun, ada hal-hal yang bikin kita sangat mudah mengantuk, padahal sudah tidur cukup. Biasanya, karena peredaran darah tidak lancar, sebagaimana yang disebutkan pada poin kedua di atas.

Selain itu, sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang yang terjangkit diabetes itu orangnya ngantuk-an. Gampang ngantuk. Sementara itu, seperti yang disebutkan pada poin kelima di atas, kebanyakan duduk pun berpotensi diabetes.

Artikel Lainnya:  6 Cara Menambah Nafsu Makan Orang Dewasa

7. Obesitas

akibat terlalu banyak duduk
Sumber gambar: Pixabay

Saat duduk berjam-jam, otot pun nganggur berjam-jam kan. Padahal normalnya kalau otot kita nggak nganggur, dia kerja, maka dia bakal membakar kalori-kalori tubuh. Kalau nganggur, yah berarti pembakaran kalorinya bakal terminimalisir. Sehingga, jadilah kegemukan.

Sumber materi: DokterSehat.com, Halosehat.com, dan Liputan6.com.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar