4 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga karena tidak hanya dapat menyebabkan sakit yang tidak tertahankan pada saat sakit gigi, namun lebih dari itu, gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak dan sakit seringkali dikaitkan dengan penyakit jantung. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat mulut, gigi, gusi, bibir dan lidah merupakan tempat bakteri berkembangbiak.

Adanya bakteri dalam mulut merupakan sesuatu yang normal. Akan tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa bakteri yang sangat berbahaya disamping beberapa bakteri baik yang dapat membantu.

Emang penyebab gigi berlubang apaan sih?

cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang
sumber gambar: Wikimedia Commons

Bakteri bisa menempel pada permukaan yang keras seperti enamel gigi. Apabila mereka tidak dihilangkan, mereka bisa berkembang biak dan tumbuh dalam jumlah yang banyak dan membentuk koloni.

Semakin lama apabila tidak dibersihkan, bakteri tersebut bisa tercampur dengan air liur atau air ludah yang akan menyebabkan munculnya film berwarna keputihan yang menempel pada gigi yang biasanya kita sebut plak. Dan itu adalah awal mula penyebab mengapa gigi bisa berlubang.

Pada bayi (balita), enamel yang mereka miliki belum sepenuhnya matang dan lebih mudah keropos. Setidaknya dibutuhkan 7 tahun bagi enamel gigi bayi untuk bisa menjadi lebih matang, lebih padat dan lebih keras serta lebih mengkilat.

Itulah sebabnya anak-anak lebih rentan terhadap gigi berlubang dibandingkan dengan orang dewasa.

Ini nih jenis-jenis bakteri yang bisa menyebabkan gigi kita berlubang

  • Lactobacillus acidophilus. Ini merupakan bakteri yang berada di bagian permukaan gigi bakteri ini bisa menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak yang berusia antara 3 hingga 12 tahun. Terutama menyebabkan kerusakan di bagian graham.
  • Streptococcus. Bakteri ini menyerang permukaan yang halus pada sisi gigi kita. Biasanya sisi tersebut menyentuh gigi yang berdekatan dengannya. Sehingga bakteri ini bisa dengan mudah menyebabkan gigi berongga dan sulit terdeteksi secara visual. Untuk mendeteksi adanya rongga pada gigi yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya harus menggunakan sinar x.
  • Bakteri odontomyces viscoses. Bakteri ini hidup di balik lidah dan biasanya menyerang bagian luar dari lapisan yang keras pada akar gigi. Pada pasien yang lebih tua, bakteri ini biasanya menyebabkan penyakit gusi.
Artikel Lainnya:  8 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk di Pagi Hari, Lakukanlah Ini Biar Produktivitasmu Tetap Terjaga

Memang looh.. gigi berlubang itu menyebabkan bau mulut

Bau mulut memang tidak menyenangkan dan bahkan bisa ‘mengganggu hubungan’ serta membuat kita tidak percaya diri saat berbicara.

Namun tidak perlu khawatir karena masalah ini sebenarnya bisa dengan mudah diatasi terutama jika kamu rutin membersihkan mulut dengan baik dan benar, mengunjungi dokter gigi, dan mengesampingkan beberapa hal yang seringkali mendasari bau mulut seperti penggunaan obat-obatan, karena diet tertentu atau karena makanan tertentu.

Bau mulut sering disebabkan karena penumpukan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan mengeluarkan bau tidak enak seperti belerang atau bahkan lebih buruk lagi.

Boleh dikatakan bahwa semua orang sebenarnya memiliki nafas yang bau pada beberapa momen, misalnya ketika mereka bangun tidur di pagi hari. Banyak juga di antara beberapa orang yang memiliki nafas bau karena gigi berlubang.

Menurut penelitian, sekitar 80% dari bau mulut berasal dari mulut itu sendiri, misalnya disebabkan karena gigi berlubang atau penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut, tambalannya retak, dan gigi palsu yang jarang dibersihkan dan bisa juga disebabkan karena terjebaknya partikel makanan yang disebabkan oleh amandel.

Tidak hanya berasal dari mulut, beberapa bau mulut juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu, terutama dari organ internal seperti: diabetes, penyakit liver, infeksi saluran pernapasan atau penyakit bronkitis yang kronis.

Faktor lain yang juga perlu diwaspadai selain gusi yang terinfeksi dan gigi yang kotor. Sebenarnya lidah yang tidak pernah disikat juga dapat menyebabkan bau mulut. Perut yang kosong terutama pada saat berpuasa dan kebiasaan merokok serta menggunakan obat kumur juga dapat menyebabkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut

1. Tambal gigi yang berlubang

menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
sumber gambar: Pixabay.com

Ada di daftar paling atas untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, satu-satunya cara adalah dengan menambal gigi tersebut terlebih dahulu. Kamu setidaknya harus mengunjungi dokter gigi untuk menambal gigi agar tidak ada partikel makanan dan bakteri yang bisa menempel di sana.

Artikel Lainnya:  6 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari, Praktekkanlah Agar Tubuh Anda Tak Mengeluh Melulu

2. Jaga kebersihan mulut dan gigi

cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang
sumber gambar: Pexels.com

Selanjutnya, sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari atau sikat gigi 1 jam setelah makan bisa membantu menghilangkan plak dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

3. Pilihlah obat kumur yang tepat

mengatasi bau mulut karena gigi berlubang
sumber gambar: Flickr

Beberapa jenis obat kumur atau larutan untuk berkumur dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi bakteri penyebab plak serta dapat membantu melawan bau mulut. Jadi, pada saat ke dokter untuk menambal gigi, jangan lupa berkonsultasi mengenai masalah ini dan tanyakan obat kumur terbaik yang bisa membantu menyegarkan nafas dan sekaligus membunuh bakteri.

4. Perhatikan apa yang kamu makan

tips menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
sumber gambar: Wikimedia commons

Apa yang kita makan bisa mempengaruhi nafas yang keluar. Karena makanan yang kita cerna akan diserap melalui aliran darah dan kemudian dikeluarkan melalui paru-paru saat kita bernafas. Makanan sehat dengan diet seimbang yang paling dianjurkan.

Diantara makanan yang baik untuk mengatasi bau mulut adalah:

  • Wortel
  • Seledri
  • pisang
  • Apel

Semua makanan tersebut bisa membantu membuat nafas menjadi lebih segar. Sebaliknya, berpuasa atau diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan mulut bau. Selain itu, sebisa mungkin hindarilah bawang putih, bawang merah, dan beberapa makanan pedas yang bisa menyebabkan bau mulut kronis hingga bau badan.

Sumber gambar utama: YouTube

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar