Heih! Pagi-Pagi itu Jangan Tidur Melulu! Belum Tahu ya Dampak Buruknya? Coba Simak 7 Dampaknya Ini

Heih! Pagi-Pagi itu Jangan Tidur Melulu! Belum Tahu ya Dampak Buruknya? Coba Simak 7 Dampaknya Ini

Kamu mungkin sering merasa kesal kalau orang tuamu membangunkan kamu pagi-pagi dan melarangmu untuk tidur lagi. Padahal mata masih ngantuk dan menyebabkan kamu malas melakukan aktivitas apapun, bahkan malas untuk membantu ibu mencuci piring dan lebih memilih molor.

Kebiasaan tersebut mungkin disebabkan karena ketidaktahuanmu mengenai bahaya tidur di pagi hari. Atau mungkin juga disebabkan karena kamu tidak memiliki motivasi dan semangat untuk melakukan aktivitas serta kegiatan bermanfaat di hari tersebut.

Selain beberapa penyebab atau beberapa alasan di atas, sebenarnya orang tidur di pagi hari juga bisa disebabkan karena faktor lain. Misalnya saja, apabila dia harus bekerja di malam hari sehingga memaksanya harus begadang dan mengganti tidurnya di pagi hari.

Tapi berbicara mengenai hukum alam, Allah tentu saja menciptakan siang dan malam bukan tanpa maksud. Malam diciptakan bagi kita, salah satunya untuk beristirahat karena gelap bisa membantu kita tidur lebih nyenyak.

Sebagai manusia, kita membutuhkan waktu untuk beristirahat karena, baik organ di dalam tubuh kita maupun kondisi fisik kita serta otak membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Bahkan, secara tidak sadar, ada beberapa bagian di tubuh kita atau di kulit kita yang hanya bisa bekerja apabila kita beristirahat.

Misalnya, proses penyembuhan, banyak yang berlangsung pada saat kita beristirahat. Begitu juga dengan reggaenerasi sel-sel kulit, hanya akan berlangsung pada saat kita tidur.

Namun selain itu, ada berbagai hal penting yang harus kamu tahu yang berkaitan dengan telalu banyak tidur atau kebiasaan tidur di pagi hari.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kebanyakan tidur dapat menurunkan imun tubuh

Di hari libur, kadang-kadang kita sengaja malas bangun di pagi hari atau bahkan ada juga yang tidur sepanjang hari.

Dan ketika bangun, badan bukannya terasa segar, melainkan, rasanya sangat lemah dan membuat kita malas beraktivitas.

Tidak salah lagi. Tidur lebih dari 9 jam, menurut penelitian dapat menyebabkan imun tubuh kita menurun. Terlalu banyak tidur tentu saja tidak baik. Terlebih jika kamu sudah beristirahat sepanjang malam (8 jam).

Artikel Lainnya:  Sifat Suka Menunda-Nunda Pekerjaan itu Datangnya dari Mana Sih? Kenapa Suka Kita Lakukan?

2. Dapat menyebabkan sakit kepala

Terlalu lama tidur tidak hanya menyebabkan imun tubuh menurun melainkan juga dapat menyebabkan seseorang merasa pusing atau sakit kepala.

Alasan atau penyebab hal tersebut adalah karena adanya cairan cerebrospinal yang terus-menerus mengalir ke otak dan menyebabkan sakit kepala.

3. Menyebabkan kita mudah sakit

Telah disebutkan di point pertama bahwa, apabila terlalu banyak tidur maka imun tubuh kita akan menurun. Karena pertahanan tubuh kita yang lemah, maka berbagai penyakit tentu saja akan mudah datang.

4. Dapat mengganggu keseimbangan metabolisme

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada hukum alam yang harus kita ikuti untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Salah satunya adalah beristirahat di malam hari.

Apabila hukum alam tersebut kita lawan, biasanya yang muncul adalah efek negatif. Salah satu efek negatif yang disebabkan karena terlalu banyak tidur atau tidur di pagi hari di bawah jam 11.00 adalah, dapat menyebabkan metabolisme di tubuh kita menjadi tidak seimbang.

Ketika kita tidur, tubuh kita beristirahat secara total. Lebih-lebih, jika kita tidur setelah sarapan, hal tersebut tentu saja menyebabkan metabolisme di tubuh kita menurun sehingga makanan yang kita konsumsi di pagi hari tidak digunakan secara maksimal. Dampaknya bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Tidur di pagi hari bisa mencegah rezeki

Hal ini mungkin sudah sering kamu dengar. Sebaiknya jangan tidur setelah subuh, karena waktu itu juga turunnya rezeki dan berkah. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

وَنَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ وَقْتٌ تَطْلُبُ فِيهِ الْخَلِيقَةُ أَرْزَاقَهَا، وَهُوَ وَقْتُ قِسْمَةِ الْأَرْزَاقِ، فَنَوْمُهُ حِرْمَانٌ إِلَّا لِعَارِضٍ أَوْ ضَرُورَةٍ،

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.” (Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222, Muassah Risalah, Beirut, cet. Ke-27, 1415 H)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

Artikel Lainnya:  Apa Penyebab Penyakit Kolesterol Tinggi?

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Misalnya, di pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk beraktivitas karena setelah beristirahat di malam hari, tubuh kita akan menjadi segar bugar dan otak bisa berpikir dengan lebih efektif, dan lebih tajam.

Maka kemungkinan besar produktivitas kita di pagi hari akan lebih tinggi dibandingkan dengan saat bekerja di siang hari atau pada malam hari ketika tubuh seharusnya beristirahat.

Namun, selain itu tentu saja pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk beraktivitas dan mencari rezeki mengingat pada pagi hari sebagian besar orang aktif pada saat itu. Sehingga peluang kita akan menjadi lebih besar.

6. Dapat menyebabkan kesulitan tidur di malam hari

Tidur di pagi hari atau menyambung tidur di pagi hari dapat menyebabkan kita kesulitan tidur pada malam hari. Jika terus-menerus kesulitan tidur di malam hari, biasanya yang terjadi adalah insomnia.

Insomnia akan memaksa kita untuk beraktivitas di malam hari dan tidur di pagi hari atau di siang hari. Jika siklus ini sudah berlangsung lama, biasanya akan sulit dirubah.

Bahaya akibat insomnia sangat banyak sekali mulai dari, penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga stroke.

7. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Menurut ahli kesehatan, tidur lebih dari 9 jam tidak hanya dapat menyebabkan menurunnya imun tubuh melainkan dapat juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Orang yang terbiasa tidur di pagi hari setelah tidur dimalam hari dalam jumlah yang cukup, akan mengalami peningkatan resiko terkena penyakit jantung sebanyak 38%.

Sumber gambar: Pixabay.com

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar