6 Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Menyusui tidak hanya sekedar memberikan ASI pada sang buah hati. Menyusui adalah proses untuk menjalin ikatan batin antara ibu dengan bayi, yang berarti ibu dituntut untuk selalu sehat agar bisa memberikan nutrisi terbaik bagi bayi dengan ASI tersebut.

Selain makanan-makanan yang sebaiknya dihindari seperti makanan pedas dan beralkohol, ibu menyusui pun sebaiknya memperhatikan makanan apa saja yang baik dan menyehatkan, serta dapat memperlancar proses produksi ASI. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, diharapkan tumbuh kembang bayi juga akan sempurna karena memperoleh ASI dari sumber yang bergizi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dan bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui.

 1. Sayuran

sayuran yang bagus untuk ibu menyusui

Sayuran adalah tumbuhan segar dari alam yang dipercaya mengandung zat besi, serat, folat, beta-karoten, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta-glukan. Zat besi sangat membantu ibu untuk menjaga energi dan pembentukan sel darah merah, sehingga ibu menyusui tidak akan mengalami anemia.

Beberapa sayuran yang bagus dan baik untuk ibu menyusui adalah bayam, selada, tomat, mentimun, jagung, kentang, dan labu.

2. Buah-Buahan

macam buah untuk ibu menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, sebaiknya selalu mendapat asupan vitamin A, B, K dan C. Vitamin tersebut berfungsi untuk membangun kekebalan tubuh bagi ibu dan bayi.

Beberapa buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah jeruk, apel, pisang, serta berbagai jenis berry. Sebaiknya buah tersebut dimakan secara langsung tanpa diolah menjadi jus.

3. Biji-Bijian

cemilan sehat untuk ibu menyusui

Biji-bijian seperti oatmeal, roti gandum, dan beras merah merupakan sumber utama vitamin B dan vitamin E, selenium, kalium, folat, protein dan zat besi, yang mengandung nutrisi dan serat alami.

4. Kacang-Kacangan

menu makanan sehat untuk ibu menyusui

Kacang mengandung protein dan lemak positif yang sangat bagus untuk ibu menyusui. Kandungan kalsiumnya juga baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi.

Artikel Lainnya:  Khasiat Buah-Buahan yang Musim di Indonesia [Infografik]

Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi antara lain yaitu kenari, kemiri atau hazelnut.

5. Ikan

makanan sehat ibu menyusui agar bayi cerdas

Biasakan menambahkan ikan ke dalam menu ibu menyusui, dengan porsi hingga 12 ons ikan seminggu. Ikan sangat bagus untuk kecerdasan otak bayi. Pilihlah ikan yang rendah merkuri dan kaya omega-3, seperti salmon, tuna, dan lele.

6. Susu

susu ibu menyusui terbaik

Vitamin D dalam susu membantu pertumbuhan tulang bayi dengan sempurna. Selain itu, susu juga berguna untuk memperlancar proses produksi ASI, terutama bagi sebagian ibu yang sulit mengeluarkan ASI.

Nah, begitulah.. Demikian 6 makanan yang baik untuk ibu menyusui serta menyehatkan bila dikonsumsi, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar