3 Cara Mengetahui Masa Subur Pria

mengetahui masa subur pria

Sebagaimana layaknya pembahasan kesuburan wanita, pria pun memiliki masa subur yang merupakan waktu yang tepat agar bisa dapat keturunan. Masa subur pria ini ditandai dengan kuat dan matangnya kondisi sperrma untuk membuahi sel telur.

Namun, berbeda dengan perempuan, masa subur laki-laki tidak bisa dihitung berdasarkan tanggal, karena memang pria tidak mengalami siklus menstruasi. Sekalipun demikian, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mengetahui saat-saat tersubur seorang lelaki.

Berikut ini beberapa informasi untuk mengetahui masa subur pria.

1. Cek, Biasanya Kualitas dan Kuantitas Sperrma Paling Banyak di Pagi Hari

masa subur pada pria

Pernah mendengar istilah “moorning wood”? Istilah tersebut merujuk pada organ reproduksi laki-laki yang selalu siap digunakan pada pagi hari, antara bangun tidur hingga beberapa jam setelahnya.

Penelitian menunjukkan bahwa sperrma yang dikeluarkan pada pagi hari jumlahnya jauh lebih banyak dari yang dikeluarkan saat siang atau malam hari. Dari segi kualitas, sperrmaa yang keluar pada pukul 4-7 pagi diketahui lebih “jago” membuahi sel telur daripada yang dikeluarkan pada waktu-waktu lain.

2. Ketahuilah, Tessttis Sangat Sensitif Pada Suhu dan Waktu

kapan masa subur pria

Sebagaimana disebut di atas, jumlah sperrmaa tertinggi berada pada pagi hari. Produksi sperrma juga meningkat ketika suhu semakin dingin, atau saat mengalami musim penghujan. Dengan demikian, pasangan yang berhubungan saat pagi hari di musim dingin memiliki kemungkinan hamil beberapa kali lebih banyak dari yang berhubungan di siang hari musim panas.

3. Pahami Indikator Sperrma Ketika Mengalami Masa Puncak Kesuburan

menghitung masa subur pria

Beberapa indikator yang menunjukkan sperrma laki-laki berada pada puncak kesuburan antara lain:

  • Volume (berat) sperrma mencapai 2 ml atau lebih
  • Tingkat keasaman (pH) sperrma antara 7,2-8
  • Bau sperrma khas, tidak ada indikasi bau busuk
  • Jumlah sel sperrmatozoa yang berada dalam sperrma mencapai 20 juta per milimeter
  • Berwarna kelabu pucat
Artikel Lainnya:  15 Tips Cara Mengobati Jerawat Meradang Secara Alami dan Tradisional

Jika ada lebih dari dua tanda di atas yang tidak dijumpai pada sperrma, maka sperrma bisa jadi mengalami gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa stress, hormon reproduksi kurang maksimal, hingga nutrisi tubuh yang kurang tercukupi. Anda bisa mencoba beberapa makanan untuk kesuburan pria atau memeriksakan diri ke dokter.

Demikian cara mengetahui masa subur pria, semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar