5 Penyebab Kenapa Bayi Anda Kurus

penyebab bayi kurus

Bayi gemuk dan montok pasti sangat menggemaskan untuk dilihat. Sebaliknya, bayi yang terlihat kurus tentu kurang menyenangkan bila dipandang, apalagi bagi seorang ibu, yang sebagian besar tentu khawatir jika bayinya berat badan bayinya di bawah standar.

Anggapan yang masih dipegang hingga saat ini adalah, bayi yang kurus disebabkan oleh gizi yang tidak tercukupi. Padahal, kenyataannya belum tentu seperti itu. Banyak bayi yang telah diberi makanan yang lengkap dan nutrisi yang berimbang, namun tetap saja badannya tidak bertambah gemuk.

Jadi, sebenarnya apa penyebab bayi kurus?

Berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan si buah hati terlihat kurus.

1. Bayi Anda Tidak Minum ASI

ASI adalah penyuplai gizi terbaik untuk bayi di bawah 6 bulan. Jika bayi tidak mau minum ASI dan hanya diberi susu formula, dari segi nutrisi memang telah tercukupi, namun biasanya bayi tidak segemuk, sesegar atau selincah yang mendapat ASI eksklusif.

2. Bayi Anda Susah Makan

Di atas usia 6 bulan, makanan pendamping sebaiknya mulai diperkenalkan pada bayi, karena pertumbuhan bayi sedang gencar-gencarnya pada usia ini. Jika bayi susah makan, biasanya akan berpengaruh pada berat badannya, sekalipun sebenarnya gizinya telah terpenuhi oleh ASI.

3. Asupan Nutrisi Bayi Anda yang Tidak Berimbang

Seperti yang dikatakan di atas, gizi yang kurang kadang menjadi penyebab bayi kurus, sekalipun belum tentu menjadi penyebab utama.

Sekalipun diberi makan cukup, namun nutrisi yang tidak berimbang pada makanan bisa menyebabkan bayi terhambat perkembangannya. Sebaiknya ibu meminta nasehat bidan atau dokter anak terkait asupan gizi yang baik untuk bayi sesuai umurnya.

4. Gerak Bayi Anda yang Aktif

Bayi yang mulai tengkurap, merangkak, dan belajar berjalan tentu membutuhkan energi yang lebih. Asupan gizi yang masuk setiap hari biasanya dialokasikan untuk energi ini. Selain itu, perkembangan bayi yang berusia 6 bulan hingga 2 tahun lebih fokus pada tingginya, bukan berat badannya.

Artikel Lainnya:  Nyamuk, Hewan yang Paling Banyak Memakan Korban! [Infographic]

5. Bayi Anda Menderita Sakit

Flu, diare, hingga gangguan pencernaan dapat menyebabkan berat badan bayi merosot dan mengurus. Namun biasanya berat bayi akan kembali naik secara perlahan-lahan seiring masa penyembuhan. Sebaiknya ibu segera memeriksakan buah hatinya ke dokter jika ditemui gejala sakit sekecil apapun.

Sebelum menentukan bayi ibu kurus atau tidak, sebaiknya konsultasi ke bidan untuk mengetahui berat dan tinggi ideal untuk bayi pada masing-masing usia. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar