5 Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI

penyebab bayi tidak mau minum asi
Tidak semua bayi dapat langsung minum ASI dengan lancar dan tanpa kendala. Sering dijumpai bayi yang tiba-tiba menolak disusui selama jangka waktu tertentu, karena alasan yang kadang tidak diketahui oleh ibu.

Pada dasarnya, bayi yang tidak mau minum ASI merasakan ketidaknyamanan tersendiri saat disusui. Bahkan, bisa jadi bayi merasakan perubahan pada ibu yang kadang tidak disadari sang ibu sendiri. Untuk itu, ibu harus pandai-pandai mengenali perilaku bayi terkait pemberian ASI pada mereka.

Berikut ini beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika bayi tidak mau minum ASI.

1. Sedang Tidak Nyaman

Nyeri-nyeri kecil yang dialami bayi kadang membuatnya tidak nyaman untuk menyusu. Tumbuh gigi, sariawan, infeksi telinga, hingga nyeri akibat imunisasi bisa menyebabkan bayi mogok minum ASI. Jika masalah ini yang terjadi, sebaiknya susui bayi ketika dia sedang mengantuk. Biasanya bayi akan menyusu hingga kemudian tertidur.

2. Lagi Sakit

Pilek, hidung tersumbat, dapat membuat bayi kesulitan bernapas atau hanya bisa bernapas melalui mulut, sehingga proses pemberian ASI jadi terganggu.

3. Terlalu Lama Tidak Diberi ASI

Sering tertunda memberi ASI ketika bayi ingin menyusu, atau lama berpisah dengan ibu, bisa menyebabkan bayi rewel ketika akan disusui. Namun kendala ini biasanya hanya beberapa jam hingga beberapa hari.

4. Aroma Berbeda

Perubahan bau pada ibu seperti parfum, deodoran, lotion, atau sabun juga merupakan penyebab kenapa bayi tidak mau minum ASI. Karena itu semua dapat mempengaruhi minatnya untuk menyusu. Aroma-aroma yang berbeda akan membuat bayi merasa asing dan menolak untuk disusui. Pola makan yang salah pada ibu menyusui juga dapat mengubah rasa ASI sehingga bayi menjauhi puting ibu.

Artikel Lainnya:  6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol

5. Berkurangnya Produksi ASI

ASI yang baik adalah ASI eksklusif selama 6 bulan penuh. Jika dalam waktu 6 bulan ibu telah memberi selingan susu formula, bisa jadi produksi ASI ibu akan menjadi berkurang. Pola makan yang salah pada ibu menyusui juga bisa menyebabkan ASI tidak lancar. Selain itu, pasokan ASI yang menyurut juga bisa menjadi tanda kehamilan.

Jika bayi mengalami masalah tidak mau minum ASI, sebaiknya ibu tingkatkan intensitas kedekatan dan keintiman dengan sang buah hati. Cobalah lebih sering memeluk bayi dan menyusuinya sendirian di dalam kamar, tanpa diselingi nonton TV atau mengobrol. Sentuhan kulit yang semakin sering antara ibu dan bayi juga berguna untuk membangun kembali kepercayaan.

Selain itu, ada baiknya pula ibu mencoba konsumsi suplemen penambah ASI, seperti halnya Madu For Mama yang dapat ibu beli di TeknikHidupShop.com.

Sumber gambar: Pixabay

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar