6 Penyebab Kenapa Anda Sering Mengantuk, Padahal Sudah Tidur Cukup

penyebab kenapa sering mengantuk padahal sudah tidur cukup

Ngantuk-ngantuk melulu itu memang merisihkan. Apalagi di zaman orang serba harus produktif seperti ini. Mengakibatkan pekerjaan yang seharusnya bisa segera diselesaikan, malah jadi ketunda. Yang gawatnya lagi, kalau sampai gara-gara ngantuk mengakibatkan kecelakaan.

Dan anehnya, ntah kenapa kok rasa kantuk itu datang terus, padahal sudah cukup tidur? Kalau kemarin begadang, wajar ngantuk. Tapi ini kok sudah tidur banyak, namun tetap ngantuk? Kenapa tuh ya?

Nah, setidaknya, ada 6 penyebab kenapa Anda bisa seperti itu. Berikut ini rinciannya.

1. Anda kurang olahraga dan aktivitas fisik, duduk melulu..

apa penyebab sering mengantuk
Sumber: Youtube

Mayoritas kita itu sekarang kebanyakan duduk di depan laptop ataupun komputer. Mulai dari pelajar, pegawai; baik saat bekerja maupun saat main-main. Kebanyakan duduk itu kebiasaan yang nggak menyehatkan. Apalagi hampir seharian gitu, misalnya selama 8 jam atau lebih.

Kebanyakan duduk, kalau kurang olahraga ataupun aktivitas fisik, bisa mengakibatkan peredaran darah kurang lancar. Sehingga, tidak banyak oksigen yang sampai ke kepala kita. Akhirnya, wajarlah apabila kita sering mengantuk.

Jangan berpikir sebaliknya, bahwa olahraga malah bikin capek dan ngantuk. Salah itu. Justru, dengan rajin olahraga dan aktivitas fisik, insyaAllah peredaran darah menjadi lancar, hingga kepala pun segar.

Nggak percaya? Coba aja. Atau, mungkin Anda punya pengalaman dulu saat rutin melakoni aktivitas fisik, Anda nggak gampang ngantuk seperti sekarang ini kan?

2. Anda kurang darah

penyebab sering mengantuk dan lelah
Sumber: Pixabay

Kurang darah, atau biasa dikenal dengan istilah anemia, jelas mengakibatkan 6L; lemah, lelah, letih, lesu, lunglai, lemas.

Termasuk sering ngantuk, bisa juga itu karena anemia. Soalnya, kekurangan darah kan akan menyebabkan kurangnya zat besi. Sehingga, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, termasuk ke kepala. Akhirnya menyebabkan sering merasa ngantuk.

3. Anda merasa terlalu banyak beban besar

kenapa sering mengantuk
Sumber: Pixabay

Memang normalnya kalau seseorang sering ngantuk, berarti ada masalah pada kesehatan fisiknya. Namun, tak menutup kemungkinan pula, yang menjadi sebabnya adalah kurang sehatnya perasaannya.

Artikel Lainnya:  10 Tips Ramadhan Agar Kita Sehat dan Berberkah [Infographic]

Merasa banyak beban ini ada banyak bentuknya, mungkin kadang disebut dengan istilah stress, cemas, galau, baper tingkat tinggi, kesal tingkat tinggi, terlalu sedih, dan sebagainya. Anda merasa sedang membawa beban yang di luar kesanggupan Anda. Intinya ada kebutuhan atau keinginan yang sangat ingin Anda penuhi, namun tak kunjung terpenuhi.

Bahkan bisa jadi ada orang yang kurang melek bahwa sebetulnya dia merasa terbebani.

Namun, beban besar di sini maksudnya ada dua kemungkinan. Pertama, memang beban besar yang faktanya di luar kapasitas Anda. Kemungkinan kedua, sebetulnya beban itu masih dalam kapasitas Anda. Dengan kata lain, hanya perasaan Anda saja yang merasa bahwa itu merupakan beban besar, padahal kan cuma merasa saja, aslinya beban biasa. Barangkali, Anda merasa begitu karena kurang pede, kurang motivasi, atau kurang berusaha saja.

4. Tubuh Anda kekurangan cairan

mengapa sering mengantuk
Sumber

Defisit cairan, atau biasa dikenal dengan istilah dehidrasi.

Coba Anda cek, seberapa rutin Anda minum air putih? Sayangnya nggak sedikit loh orang-orang spele akan hal ini. Atau sudah tahu, tapi nggak dipraktekkannya. Mereka banget minum air putihnya, malah lebih banyak minum yang lain; seperti misalnya kopi, soda, dan sebagainya. Padahal beda khasiatnya dengan air putih biasa.

Soalnya apabila Anda mengalami dehidrasi, maka:

  • Metabolisme tubuh Anda menjadi kurang optimal sebagaimana seharusnya.
  • Melambatnnya kecepatan jantung mengirim oksigen.
  • Terlebih lagi, bikin Anda menjadi sulit fokus dan berkonsentrasi. Karena kan 85% otak kita terdiri dari air.

5. Mungkin Anda terjangkit Diabetes

kenapa saya sering mengantuk
Sumber: Pixabay

Pada penderita diabetes, tubuhnya memiliki glukosa tinggi yang tak segera diubah menjadi energi. Efeknya, tubuh lebih mudah mengantuk dan lelah. Bisa jadi ini terjadi pada Anda, salah satu sebabnya karena asupan tinggi karbohidrat dan gula dalam makanan yang Anda makan.

Artikel Lainnya:  Cara Mendisiplinkan Diri, Agar Terbentuk Kebiasaan. Anda yang Susah Konsisten, Harus Praktekkan Ini

Pada dasarnya, glukosa itu kan dia merupakan bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi.

Ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pengidap diabetes tipe satu umumnya kekurangan insulin karena tubuh memproduksi insulin dalam jumlah lebih rendah dari yang dibutuhkan.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi sehingga tubuh kekurangan energi.

Kesimpulannya, yah itu tadi, Penderita diabetes ini dia tidak mempunyai cukup insulin untuk mentransfer gula ke dalam sel. Karena jaringan pada tubuh kekurangan energi, maka pasien diabetes sering mengeluh kelelahan.

6. Anda kebanyakan makan

penyebab badan lemas dan sering mengantuk
Sumber: Pixabay

Kebanyakan makan, sampai kekenyangan, lalu mengantuk, faktanya banyak kita indera.

Soalnya kalau banyak banget makanan masuk ke tubuh kita, maka tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang sangat besar. Sementara, pankreas nggak bisa memenuhinya. Hingga tubuh pun kelelahan lantaran beban tersebut. Akhirnya tubuh akan memberikan reaksi mengantuk untuk bisa mengolah semua makanan.

Terlebih lagi, semakin banyak makanan masuk, maka semakin berkuranglah kapasitas oksigen yang masuk ke tubuh kita. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kurang oksigen pun bikin kita jadi lelah dan ngantuk.

Nah, begitulah kurang-lebih penyebabnya kenapa Anda sering ngantuk, padahal sudah tidur cukup. Semoga bermanfaat. Silahkan Anda berusaha atasi penyebab-penyebab tersebut, agar insya Allah di kemudian hari Anda menjadi lebih segar, konsentrasi, semangat, dan produktif.

Sumber featured image: Flickr

Suka konten-konten TeknikHidup ini?


BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar