Sering Mengantuk di Pagi Hari, Gejala Apa Itu? Bisa Jadi Gejala 6 Hal Ini

Sering Mengantuk di Pagi Hari, Gejala Apa?
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Ngantuk itu perihal yang biasa, pertanda tubuh perlu tidur istirahat. Namun, tidaklah biasa kalau ngantuknya terus-menerus. Apalagi ngantuknya di pagi hari, padahal kan barusan aja bangung tidur.

Nah, kalau Anda mengalami hal aneh seperti itu, jangan dibiarkan dan dianggap spele. Harus diperhatikan. Soalnya kan itu selain memang bisa mengganggu produktivitas, khawatirnya bisa jadi itu gejala suatu penyakit.

Emangnya apa saja itu? Nah, bisa jadi, setidaknya 6 hal ini.

1. Diabetes

Orang yang kena diabetes tipe2 itu, kadar glukosa dalam darahnya lumayan tinggi.

Soalnya normalnya kan glukosa di dalam tubuh kita itu akan menjadi energi, setelah sebelumnya dipecah oleh insulin yang diproduksi dari tubuh kita.

Nah, kalau orang yang kena diabetes tipe-2 yang notabene kadar glukosanya kebanyaan, dia tubuhnya nggak bisa menggunakan glukosa tersebut untuk menyediakan energi. Makanya, jadi sering mengantuk. Bahkan beberapa ada yang mudah lelah.

2. Anemia

Anemia itu maksudnya kurang darah.

Adanya sel darah merah itu penting, supaya oksigen bisa dibawa ke seluruh jaringan dan organ tubuh, termasuk ke kepala. Nah, kalau tubuh kekurangan oksigen, apalagi kepala, maka wajarlah jadinya mudah lelah dan ngantuk terus.

Kok bisa kena anemia, biasanya sih karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

3. Dehidrasi

Dehidrasi itu maksudnya tubuh kita kekurangan cairan.

Dampaknya kalau kekurangan cairan, maka gula-garam pada tubuh jadi terganggu, sehingga kinerja dan fungsi tubuh kita tidak normal. Termasuk kinerja sistem pencernaan; mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh, media transportasi nutrisi ke sel-sel, dan sebagainya.

4. Insomnia

Ini hal yang biasa dan sangat wajar. Bila seseorang sulit tidur di malam hari, maka pada pagi dan siang harinya dia jadi mudah mengantuk.

Artikel Lainnya:  11 Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas, Agar Kantuk Tak Mengganggu Perjuangan Anda

Tidur itu bermanfaat untuk memfungsikan kembali tubuh kita. Sementara pada orang yang kurang tidur karena insomnia, maka sistem pernapasannya akan terhambat. Hingga akhirnya sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

5. Sakit jantung

Penjelasannya agak mirip dengan beberapa yang di atas. Ketika jantung tidak sehat, maka suplai asupan darah ke organ tubuh lainnya akan kurang optimal. Sehingga, asupan oksigen pun akan kurang optimal. Apalagi kalau organ kepala yang kurang darah dan oksigen, wajarlah jadinya mudah lelah, kemudian mengantuk, terlepas di pagi hari, siang, atau malam.

6. Depresi

Meskipun depresi itu merupakan gangguan pada emosi, namun ia juga dapat berimbas pada gangguan fisik. Fakta ini banyak terjadi. Ada beberapa orang yang tatkala emosinya cenderung negatif, merasa tertekan, malah penyakitnya jadi kambuh atau bertambah parah. Sebaliknya; saat diberi harapan, penyakitnya jadi agak mendingngan, paling nggak jadi nggak tambah parah.

Mungkin ini juga yang mempengaruhi para pekerja dan pelajar yang mudah ngantuk padahal masih pagi, bisa jadi karena mereka sudah merasa tertekan duluan dengan aktivitas hariannya.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar