Tanda-Tanda Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai, Jangan Cuek Lhoo

tanda tanda penyakit ginjal

Tahukah kamu apa fungsi ginjal? Ginjal adalah salah satu organ di tubuh kita yang berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Kelebihan cairan dan limbah tersebut dikeluarkan melalui urine. Produksi urine sendiri sebenarnya melibatkan langkah-langkah yang sangat kompleks dalam hal ekskresi maupun absorbsi.

Proses yang dilakukan oleh ginjal tersebut dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga keseimbangan bahan kimia tubuh.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan garam dan kalium serta asam akan dikontrol oleh ginjal.

Namun selain melakukan beberapa tugas yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya ginjal juga bisa memproduksi hormon yang akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

Misalnya saja, ginjal dapat memproduksi hormon yang merangsang produksi sel darah merah.

Hormon lainnya yang dihasilkan oleh ginjal ternyata juga bisa membantu mengatur tekanan darah dan mengontrol metabolisme kalsium.

Secara umum berikut adalah fungsi ginjal:

  • Mengeluarkan obat dari tubuh kita
  • Mengeluarkan produk-produk sisa limbah
  • Menyeimbangkan cairan tubuh
  • Melepaskan hormon yang dapat mengatur tekanan darah
  • Menghasilkan vitamin D untuk menguatkan tulang dan untuk menyehatkan tulang
  • Mengontrol produksi sel darah merah

Penyakit ginjal

Melihat betapa pentingnya ginjal bagi tubuh kita, maka sudah sewajarnya apabila kita wajib menjaga kesehatan ginjal tersebut. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara merawat ginjal atau menjaganya agar tetap sehat.

Sebelum kita berbicara mengenai bagaimana cara menjaga ginjal agar tetap sehat, ada baiknya kamu mewaspadai beberapa tanda-tanda penyakit ginjal berikut ini.

1. Waspadai perubahan saat buang air kecil

tanda tanda ginjal bermasalah

Ginjal telah disebutkan dapat memproduksi urin. Apabila terjadi gagal ginjal, maka urin secara otomatis akan berubah.  Hal tersebut bisa ditandai dengan:

  • Keinginan untuk buang air kecil di malam hari.
  • Urine berbusa atau bergelembung.
  • atau, mungkin juga kamu akan lebih sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak, lebih banyak dibandingkan biasanya.
  • Bisa juga ditandai dengan warna urine yang pucat.
  • Tidak sering buang air kecil padahal kamu banyak minum air putih.
  • Urine yang berwarna gelap juga merupakan tanda penyakit ginjal yang perlu diwaspadai.
  • Lebih-lebih, jika urine mengandung darah.
Artikel Lainnya:  10 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak Anda

2. Apabila terjadi pembengkakan

Tanda penyakit ginjal lainnya adalah apabila terjadi pembengkakan pada area kaki, wajah, atau di tangan.

Pembengkakan tersebut dikarenakan ginjal tidak dapat mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Sehingga akan terjadi pembengkakan di area-area yang telah disebutkan tadi termasuk juga di, pergelangan kaki dan pergelangan tangan.

3. Kelelahan

tanda tanda gagal ginjal

Ginjal yang sehat bisa membuat hormon yang disebut eritropoietin. Hormon tersebut berfungsi untuk memberitahu tubuh untuk membuat sel-sel darah merah yang akan membawa oksigen.

Namun apabila ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka sel darah merah akan menjadi berkurang dan oksigen di seluruh bagian tubuh seperti otak dan otot akan berkurang. Hal tersebut biasanya kita kenal dengan istilah anemia yang menyebabkan perasaan lelah.

4. Nyeri otot dan komplikasi

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar tubuh kita akan memproduksi kalium yang tinggi dan kalsium rendah, bikarbonat, dan fosfor yang bisa mempengaruhi sistem konduksi jantung. Semua itu bisa menyebabkan nyeri otot dan komplikasi.

5. Kandungan protein di dalam urine atau albumin di dalam urine

Albumin adalah protein utama di dalam darah. Pada saat ginjal kita rusak, lubang-lubang penyaringan ginjal akan membesar.

Hal tersebut akan menyebabkan kebocoran sehingga protein bisa masuk ke dalam urine. Kebocoran tersebut bisa sangat berbahaya lebih-lebih jika dialami oleh penderita diabetes.

tanda gejala sakit ginjal

Namun kebocoran tersebut biasanya dapat dicegah apabila pasien rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat (diet seimbang), serta bisa juga diatasi dengan berbagai jenis obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

6. Ruam pada kulit atau gatal

Gagal ginjal dapat menyebabkan ruam pada kulit atau gatal-gatal. Hal tersebut bisa terjadi apabila ginjal kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya yaitu, apabila ginjal tidak dapat membuang limbah dari aliran darah. Karena salah satu fungsi ginjal adalah membuang limbah dari aliran darah.

Artikel Lainnya:  5 Pantangan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Akibat kegagalan tersebut, limbah yang ada di dalam aliran darah akan meningkat dan menyebabkan rasa gatal yang sangat parah.

Cara menjaga agar ginjal tetap sehat

Rahasia menjaga ginjal agar tetap sehat diantaranya adalah:

  1. Kamu harus tetap terhidrasi dengan banyak meminum cairan untuk membantu ginjal agar berfungsi dengan baik.
  2. Selain itu, kamu juga harus mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan mineral serta vitamin dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan lain-lain.
  3. Termasuk juga cobalah menghindari terlalu banyak asupan garam dan makanan berlemak.
  4. Tekanan darah juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Jadi setelah kamu berusia 30 tahun ke atas, cobalah secara teratur memeriksa tekanan darah. Hindari merokok dan jangan minum minuman beralkohol.
  5. Selain itu, berolahraga secara teratur setidaknya 30 hingga 40 menit setiap hari akan membantu menjaga kesehatan ginjal.
BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar