9 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Cara menjadi pribadi yang baik

Semua orang ingin berubah menjadi lebih baik. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana caranya menjadi pribadi yang baik.

Sepanjang waktu, saya sering berkaca dan mencoba mencari tahu apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi orang yang lebih baik. Tidak hanya itu, saya juga ingin mencapai sesuatu yang hebat dan meninggalkan kesan serta jejak yang baik pada dunia ini. Dengan menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk merenungkan semua perbuatan yang baik maupun yang buruk yang pernah saya lakukan, memberikan saya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Dulu, awalnya saya bukanlah orang yang baik. Saya sering mengejek orang lain dan bersifat egois, namun saya juga mencoba untuk tetap memperhatikan dunia yang terus berputar di sekitar saya.

Waktu terasa berlalu sangat cepat dan saya juga berkembang dengan pesat. Saya tidak lagi menjadi orang yang sering mengganggu. Karena pada saat tumbuh, saya belajar apa artinya menjadi orang yang memiliki kepribadian yang lebih baik.

Setelah belajar apa artinya menjadi orang yang lebih baik, saya pun mampu mengembangkan dan menunjukkan pesona yang saya miliki kepada sebagian orang yang menurut saya tidak akan keberatan dengan hal tersebut.

Saya merasa jauh lebih bahagia menjadi diri sendiri dan saya juga tidak takut untuk memberitakan anak-anak saya di masa depan mengenai siapa sebenarnya saya.

Bagi kamu yang ingin menjadi seseorang yang lebih baik, ada beberapa cara menjadi pribadi yang baik yang bisa kamu contoh. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Niat Dulu, Mau Merubah..

pribadi yang baik

Untuk menjadi orang yang lebih baik, kamu harus mau berubah. Perubahan merupakan satu-satunya cara untuk maju dan berkembang sehingga kamu akan menjadi apa yang kamu inginkan.

Tidak sedikit orang-orang yang menentang perubahan atau enggan untuk berubah sehingga perkembangan mereka menjadi seseorang yang lebih baik terasa sedikit lebih sulit. Namun jika kamu tetap berpikir terbuka dan bersedia untuk berubah, segera, cepat atau lambat kamu akan menjadi seseorang yang lebih baik seperti yang kamu inginkan.

2. Berhentilah Membuat Alasan, Alasan, dan Alasan

pribadi yg baik

Ketika saya mulai usaha ketika pada saat SMA, saya mencoba membuat berbagai alasan untuk segala sesuatu yang tidak beres, seperti masalah misalnya. Saya sering menyalahkan orang lain, mencari kambing hitam, atau bahkan menyalahkan orang lain yang tidak terlibat. Dan yang pasti, saya akan berusaha untuk tidak menyalahkan diri sendiri atas masalah-masalah yang saya hadapi.

Namun saya sadar dan mulai belajar untuk bertanggung jawab terhadap kesalahan yang saya buat karena hal tersebut sangat penting. Saya mulai berhenti membuat alasan dan benar-benar bertanggungjawab serta menganggapnya sebagai kesalahan saya sendiri.

Artikel Lainnya:  3 Jenis Dorongan Kenapa Seseorang Mau Melakukan Suatu 'Kebaikan', Pastikanlah Jenis Doronganmu Benar

Dengan mengetahui bahwa saya berbuat salah, saya pun bisa memanfaatkannya untuk belajar yang pada gilirannya dapat membantu saya menjadi orang yang lebih baik.

3. Berhentilah Menjadi Seseorang yang Pemarah

menjadi pribadi yang sabar

Tidak sedikit orang yang membiarkan kemarahan maupun emosi menguasi dan mengubah keterampilan mereka dalam mengambil keputusan.

Banyak diantara kita tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang emosional, sehingga hal tersebut sangat merugikan dan bahkan justru bisa merusak hubungan dengan orang-orang terdekat. Tidak hanya itu, emosi sudah pasti akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Mengendalikan amarah merupakan keterampilan yang memang sulit untuk dikuasai. Akan tetapi hal tersebut harus dilatih karena sangat bermanfaat. Alih-alih meluapkan kemarahan, kita sebaiknya mencoba menemukan solusi atau cara tepat untuk mengubah emosi negatif yang ada.

“Jangan marah, maka bagimu syurga” (HR.Thabrani)

Karena kemarahan tidak pernah bisa membantu memecahkan masalah dan justru sebaliknya, kemarahan seringkali menciptakan lebih banyak masalah. Menemukan cara-cara tertentu untuk membuat saraf otak menjadi lebih santai serta untuk meredakan amarah ternyata sangat membantu.

4. Jadilah Panutan

menjadi pribadi yang sabar

Menjadi seorang role model atau menjadi seseorang yang bisa ditiru dan digugu juga memiliki dampak yang cukup positif. Ini merupakan salah satu cara menjadi pribadi yang baik tanpa harus repot-repot menjadi pribadi lain yang bukan diri kamu sendiri.

Setelah saya sukses dan ketika orang-orang mulai mengalihkan perhatiannya kearah saya, saya pun mulai lebih berhati-hati dalam berperilaku. Saya seringkali tidak ingin mengecewakan orang lain dengan menunjukkan sifat kekanak-kanakan atau contoh yang buruk.

Kamu bisa mencoba dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Misalnya menjadi seorang kakak yang baik untuk adik-adikmu, atau menjadi pelatih di tim anak-anak, atau kamu juga bisa mencoba menjadi panutan di dalam keluarga.

5. Jadilah Pemaaf

menjadi pribadi yang tenang

Menjadi seorang pemaaf bukanlah hal mudah. Akan tetapi memaafkan seseorang yang pernah menyakitimu, walaupun sangat sulit namun tentu saja bisa dilakukan. Dan memaafkan, ternyata memiliki efek yang cukup signifikan terhadap perubahan dan perkembangan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik dan lebih bijak.

Seringkali kita menyimpan dendam pada seseorang yang pernah menyakiti kita padahal, dendam tersebut adalah penyakit hati yang benar-benar sangat merugikan, hingga menyebabkan kita kesulitan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Kita harus belajar bahwa manusia cenderung sering membuat kesalahan. Sehingga, alih-alih mendendam dengan kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang terhadap kita, ada baiknya kita memaafkan orang tersebut. Dengan menjadi seorang yang pemaaf, kamu pun akan lebih mudah untuk menjadi lebih dewasa.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

cara pribadi yang baik menurut Islam

Saat ini orang kebanyakan sibuk dengan karir yang mereka miliki, sibuk dengan keluarga, dan bahkan sibuk dengan kehidupan serta diri mereka sendiri. Kondisi tersebut membuat banyak orang tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan orang lain. Saya mencoba untuk belajar menjadi pendengar yang baik dan memberikan sumbang saran yang ternyata memiliki dampak sangat luar biasa.

Artikel Lainnya:  4 Tombol Berbahaya, yang Bisa Memecahkan Hubungan Anda dengan Pasangan

Mendengarkan keluh kesah orang lain akan membuat kita belajar lebih banyak. Tidak hanya itu, menjadi pendengar yang baik juga dapat membuat hidup kita menjadi lebih positif.

7. Jujur Saja..

cara memperbaiki diri

Memang sulit menemukan orang jujur saat ini. Namun, kejujuran merupakan obat terbaik untuk menghadapi setiap situasi. Kamu bisa berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengatakan sesuatu yang mengandung suatu kebohongan.

Kamu bisa menantang dirimu untuk selalu jujur karena kebiasaan ini akan membuatmu berkembang menjadi seseorang yang lebih dewasa, baik dan karismatik.

Jika selama ini kamu sering berbohong atau setidaknya berbohong satu kali dalam sehari, cobalah untuk memaksakan (melatih) diri jujur sepenuhnya dalam satu hari penuh. Setelah itu kamu bisa meningkatkannya menjadi: jujur dua hari, tiga hari, dan seterusnya hingga kamu benar-benar menjadi pribadi yang jujur seutuhnya. Segera kamu akan merasakan efek dari sebuah kejujuran.

8. Lakukan Sesuatu yang Tidak Kamu Inginkan

menjadi lebih baik

Menjaga agar pikiran selalu terbuka serta mencoba hal-hal yang tidak lumrah untuk dilakukan merupakan salah satu cara untuk menjadi orang yang lebih baik. Mengambil resiko dan menantang diri memang selalu menakutkan untuk dilakukan.

Namun, jika kita melihat orang-orang sukses, tentu saja resiko dan tantangan yang mereka hadapi tidaklah kecil. Untuk menjadi orang besar kita pun harus mengambil resiko-risiko yang besar pula.

9. Berikan Kejutan Kepada Seseorang yang Spesial

pribadi yang menarik

Jika kamu memiliki seseorang yang sangat kamu cintai dalam hidupmu, entah itu pasangan, anak atau anggota keluarga yang lain, kamu bisa merencanakan kejutan khusus untuk mereka. Kamu bisa memberikan mereka surprise spesial berupa tiket liburan, hadiah tertentu yang disukainya, atau bahkan mentraktir mereka, juga merupakan sesuatu yang dapat memberikan dampak positif.

Saling memberi hadiahlah kalian niscaya kalian akan saling mencintai. (HR. Bukhari)

 

Ini merupakan cara lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Karena ketika kita ringan tangan atau senang berbagi dan memberi, secara otomatis kita pun akan berkembang dan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik.

Salah satu perasaan yang paling membahagiakan di dunia ini adalah, mengetahui bahwa dirimu bisa membuat seseorang yang kamu cintai tersenyum. Dan salah satu caranya adalah dengan memberikan hadiah atau surprise kepada seseorang yang spesial tersebut.

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar