10 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, Ubahlah Sekarang Juga Atau Tidak Sama Sekali!

cara menghilangkan kebiasaan buruk

Brian Tracy mengatakan “orang-orang sukses adalah mereka yang memiliki kebiasaan sukses.”

Kebiasaan buruk biasanya sangat sulit untuk dihilangkan. Kebiasaan tersebut tertanam di dalam alam bawah sadar kita sehingga mengubah perilaku kita. Kebiasaan tersebut akan terbawa hingga mempengaruhi cara kita belajar, bagaimana cara kita membagi waktu, dan bagaimana cara kita mengambil keputusan. Sangat merugikan bukan? Lalu, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk?

1. Mengidentifikasi apa yang menjadi pemicunya

menghilangkan kebiasaan buruk

Kita akan memulai dari poin pertama yaitu melakukan research untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi sumber penyebabnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengontrol kebiasaan buruk adalah dengan menyadari pemicu atau segala sesuatu yang berpotensi menyebabkan kebiasaan tersebut terpicu.

Secara garis besar, kita harus menghindari dan merespon setiap pemicu pada saat mereka muncul dan pastikan kamu mengambil keputusan tepat dan tegas.

Contoh kecil, kamu bisa mengatakan, “saya tidak minum kopi dan saya akan minum air putih saja.”

Cara ini biasanya sangat efektif untuk menjaga diri agar tetap konsisten.

2. Menghindari situasi yang dapat memunculkan pemicu

cara merubah kebiasaan buruk

Setelah kita mengetahui apa pemicu dari kebiasaan buruk, biasanya yang kita pun menyadari beberapa situasi yang kemungkinan besar akan memunculkan pemicu kebiasaan tersebut. Satu contoh, mungkin jika kamu ingin berhenti merokok, maka kamu tahu bergaul dengan mereka yang merokok, berbicara di depannya atau pergi ke tempat-tempat di mana orang sering merokok bisa menjadi membuatmu tergoda.

Dengan menghindari tempat-tempat tersebut serta dengan mengembangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat akan membantu kita untuk terhindar dari keinginan merokok.

Kedengarannya memang sangat sulit. Namun tidak menempatkan diri dalam berbagai jenis situasi yang kemungkinan besar akan memunculkan pemicu kebiasaan buruk tersebut adalah pilihan tepat yang harus dilakukan. Namun tidak harus terlalu kaku, kamu juga masih bisa tetap keluaran dengan teman-teman atau kolega tetapi harus dengan tujuan yang jelas serta dengan komitmen yang pasti.

3. Ganti kebiasaan buruk dengan yang baik

merubah kebiasaan buruk

Berikut ini adalah sebuah ide yang mungkin bisa kamu ikuti. Setiap kali kamu ingin merokok, kamu bisa mengkonsumsi wortel kecil sebagai gantinya. Atau setiap kali kamu ingin makan es krim, kamu bisa meminta secangkir jus buah. Tentu saja hal tersebut sangat sulit namun bukan berarti tidak mungkin.

Artikel Lainnya:  Terkadang Sadar Salah itu Butuh Waktu, Namun Bisa Dipercepat dengan Nasehat Orang dan Legowonya Kita

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk memang memakan waktu, menuntut ketekunan dan kesabaran. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat komitmen dan menemukan cara terbaik untuk menjalaninya.

Mulailah dari hal-hal yang kecil hak dan ulangilah perilaku-perilaku baik tersebut karena perilaku baik tersebut akan menggantikan tempat perilaku buruk yang menjadi kebiasaan selama ini.

4. Antisipasi kegagalan dan rencanakan kesuksesan

cara mengubah kebiasaan buruk

Kegagalan tidak bisa dihindari. Terutama, ketika kamu mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruk. Ketika kamu tergelincir, kamu harus tetap menerimanya dan berusahalah untuk move on.

Belajar dari kesalahan adalah salah satu jalan terbaik untuk meniti kesuksesan.

satu contoh kecil, jika kamu akan memiliki pesta kecil-kecilan di rumah dan kemungkinan besar istri akan memasak masakan tidak sehat yang berlemak dan berminyak, kamu bisa mencuri start dengan menawarkan beberapa masakan yang lebih sehat seperti sayuran atau ide-ide kreatif lainnya yang bebas lemak. Intinya adalah, cobalah untuk berusaha memandang jauh ke depan untuk mengantisipasi segala sesuatu yang menjadi pemicu kebiasaan buruk.

5. Lakukan perubahan kecil

cara merubah kebiasaan

Seorang psikolog di Stanford bernama BJ Fogg merekomendasikan kebiasaan kecil sebagai pendekatan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

Misalnya, kamu bisa memulai dari sesuatu yang kecil. Jika kamu ingin melakukan 2 kali push up setiap hari, maka kamu harus memulai push up 1 kali setiap hari.

Kemudian, tempatkan kebiasaan dan perilaku baru dalam rutinitas. Misalnya, kamu bisa melakukan push up setiap hari setelah bangun tidur.

Langkah ketiga, adalah dengan mengurangi perilaku tersebut setiap hari hingga menjadi sebuah kebiasaan. Kamu akan menemukan dirimu melangkah maju secara alami dan bahkan kemungkinan besar kamu bisa push up dalam jumlah yang lebih banyak setiap minggu.

6. Membuat komitmen

cara menghilangkan sifat buruk

Cara menghilangkan kebiasaan buruk yang lain adalah dengan membuat komitmen. Komitmen sangat tergantung dari kepribadianmu. Ini adalah prinsip psikologi yang terbukti memiliki pengaruh sangat besar terhadap setiap orang yang ingin menghentikan kebiasaan buruk. Dalam bukunya, Dr. Robert Cialdini mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki komitmen kuat biasanya lebih mudah untuk mencapai apa yang ia cita-citakan.

7. Beritahukan teman-temanmu

cara meninggalkan kebiasaan buruk

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memberitahukan teman-teman mengenai keinginanmu untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik.

Artikel Lainnya:  8 Cara Menghilangkan Stress Pikiran

Ini merupakan strategi umum yang juga seringkali berhasil, terutama karena kita akan sangat terbantu ketika orang lain mengetahui bahwa kita membutuhkan dukungan. Satu contoh, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka teman-teman, keluarga dan rekan kerja di kantor akan membantumu untuk menghindari makanan berlemak atau membantumu mengurangi porsi makan.

Selain itu, biasanya kamu akan malu untuk melanggar aturan yang kamu buat setelah kamu memberitahukan teman, keluarga, atau orang terdekat. Dengan begitu, komitmen yang kamu buat akan lebih mudah dijalani karena ada beban moral dan tanggung jawab yang kamu pikul saat ini.

8. Membuat jurnal

mengubah kebiasaan buruk

Penelitian lain membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara self monitoring dengan hasil kesehatan positif. Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan jurnal untuk melacak kemajuan yang kamu raih selama, ini untuk meningkatkan peluang mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. Dengan adanya jurnal kamu juga bisa mengevaluasi serta mengantisipasi apa saja yang dapat membuatmu menjalani kebiasaan lama.

9. Jangan sungkan meminta bantuan pada saat kamu membutuhkannya

bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk

Banyak orang yang mencoba dan berusaha untuk mengandalkan dirinya sendiri. Namun sebagai makhluk sosial, kita juga membutuhkan orang lain.

Apabila kamu mendapatkan dukungan dari orang lain terutama orang-orang yang kamu cintai, maka mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik bukanlah sesuatu yang sulit. Jangan takut untuk meminta bantuan.

Ini merupakan cara menghilangkan kebiasaan buruk yang juga efektif karena sebagai manusia terkadang kita juga bisa tergelincir. Membuka diri untuk sering atau curhat kepada teman yang bisa dipercaya biasanya dapat membantu meningkatkan motivasi, membantu menemukan solusi dan membantu memberikan kekuatan serta semangat lebih.

10. Fokuslah pada rencanamu melebihi tujuan yang ingin kamu capai

cara menghilangkan kebiasaan buruk dengan mudah

Banyak diantara kita yang gagal untuk fokus pada rencana yang telah kita buat dan mengalikan fokus pada tujuan akhir.

Sebaliknya, fokus pada rencana akan membantumu berhenti dari kebiasaan buruk lebih baik karena hal tersebut sesuai dengan sistem. Namun jika kamu hanya fokus pada tujuan akhir, maka kemungkinan besar kamu akan menemui kegagalan.

Membangun dan menjalankan rencana yang telah kamu buat sedikit demi sedikit, langkah demi langkah, hari demi hari, akan membantumu mencapai tujuan tanpa harus memikirkan gol.

 

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar