8 Cara Menghilangkan Rasa Takut Dalam Diri

Cara Menghilangkan Rasa Takut Dalam Diri

Rasa takut adalah hal yang normal dari setiap manusia. Dengan adanya rasa takut, orang akan lebih waspada dibandingkan dengan yang tidak memilikinya.

Akan tetapi, adakalanya rasa takut yang ada dalam diri kita dapat menyebabkan gangguan dalam kehidupan, dapat menyebabkan kita tidak kreatif, dapat menyebabkan kita mengalami masalah kejiwaan, dan lain-lain.

Menurut para pengamat, kadang rasa takut berkaitan erat dengan rasa cemas. Walaupun tidak selalu, rasa cemas seringkali menyebabkan rasa takut. Begitu juga sebaliknya, ketakutan bisa menyebabkan seseorang merasa sangat cemas.

Berbagai bentuk rasa takut dalam diri

Perasaan takut yang ada dalam diri setiap orang bentuknya bermacam-macam, bisa sangat bergantung pada situasi dan kondisi yang sedang dihadapinya. Berikut adalah beberapa diantara contohnya.

  • Takut terhadap gelap.
  • Takut ketinggian
  • Takut hantu
  • Takut sendirian
  • Takut hantu
  • Takut gagal
  • Takut berubah
  • Takut sakit
  • Takut berbicara, terutama kepada lawan jenis atau orang yang disukai, dll.

Penyebab rasa takut

Apa sebenarnya yang membuat kita merasa takut? Takut disebabkan karena banyak hal, namun rata-rata penyebabnya adalah sesuatu yang membuat kita merasa tidak aman.

Apa yang kamu rasakan dan bagaimana kamu bertindak melawan rasa takut akan berbeda antara dirimu dengan orang lain. Ketahuilah dan kenalilah rasa takut yang ada dalam dirimu untuk bisa mencari solusi yang tepat untuk menghadapinya.

Ciri-ciri seseorang yang ketakutan

  • Nafas memburu
  • Jantung berdetak kencang dan tidak teratur.
  • Berkeringat walaupun kondisi sedang dingin.
  • Otot-otot menjadi lemas.
  • Hormon adrenalin meningkat.
  • Perut bergolak atau bisa juga menyebabkan mual.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Nafsu makan terganggu atau bahkan tidak nafsu sama sekali.
  • Kamu akan merasa pusing.
  • Menyebabkan tubuh kaku, tidak bisa bergerak dan hanya bisa diam di tempat.
  • Badan menjadi panas dingin.
  • Bisa juga ditandai dengan mulut yang bau.
  • Menyebabkan otot menjadi tegang.
  • Menyebabkan kita waspada, dan lain-lain.

Apapun jenis rasa takut yang kamu miliki dalam dirimu, ada beberapa cara menghilangkan rasa takut dalam diri sendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Artikel Lainnya:  Cara Bersyukur Itu Bukan Sekadar Berucap "Alhamdulillah", Tapi Juga Bertaqwa PadaNya

1. Kenali dirimu sendiri dan rasa takut yang kamu hadapi

cara mengatasi rasa takut

Jika kamu merasakan takut dalam situasi tertentu, cobalah untuk mengingatnya dan mengenali rasa takut serta rasa cemas yang kamu hadapi.

Misalnya, jika kamu di rumah sendirian, kamu selalu takut untuk pergi ke tempat tempat gelap, dan selalu merasa bahwa ada makhluk lain yang mengawasi, atau kamu merasa takut jika ada penampakan dan lain-lain.

Contoh diatas adalah contoh rasa takut yang terkadang ada dalam diri kita. Untuk mengatasinya, yakinkan dirimu bahwa tidak ada apapun yang akan mengganggumu.

Karena perasaan yang kamu miliki tersebut seringkali disebabkan karena kamu membayangkan cerita-cerita yang kamu dengar, karena pengalaman yang tidak pernah kamu alami, karena pengaruh film, atau bisa juga disebabkan karena trauma di masa kecil.

Yang dimaksudkan dengan trauma di masa kecil adalah, apabila kamu sering ditakut-takuti oleh orang tuamu atau orang-orang disekitarmu.

2. Tingkatkan rasa percaya diri

cara menghilangkan rasa takut dan gelisah

Meningkatkan rasa percaya diri yang kita miliki adalah cara lain untuk menghadapi rasa takut dalam diri kita.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari, giat belajar untuk mengatasi rasa takut gagal, tambah pengetahuan, belajarlah ilmu bela diri, jalani gaya hidup sehat untuk mengatasi rasa takut akan sakit, kematian, dan lain-lain.

3. Selalulah bersikap positif dan berbuat baik

cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan

Untuk mengatasi rasa takut mati, takut menjadi bahan gunjingan, takut berdosa, dan takut salah, biasanya dapat diatasi apabila kita bisa berpikir dan bersikap positif serta cenderung lebih suka berbuat baik.

Perasaan takut mati, perasaan takut difitnah dan lain-lain merupakan perasaan-perasaan yang seringkali muncul apabila kita sering berpikir negatif, berbuat hal-hal yang negatif, tidak jujur, atau sering melanggar norma atau peraturan.

4. Olahraga

cara menghilangkan rasa takut berlebihan

Berolahraga menurut ahli kesehatan dapat membantu menghilangkan rasa cemas dan stres.

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menyegarkan pikiran.

Artikel Lainnya:  10 Gambar Inspiratif Ini Patut Kita Renungkan, Banyak yang Hidupnya Membaik Setelah Pelajari Ini

Berlatih setiap hari adalah cara yang bisa kita lakukan untuk melupakan rasa takut karena, ketika kita melakukan latihan atau olahraga, kita cenderung berkonsentrasi pada kegiatan olahraga yang kita lakukan.

Dengan begitu, rasa cemas dan rasa takut akan menghilang dengan sendirinya.

5. Bersantai dan tenangkan pikiran

penyebab rasa takut

Apakah kamu sudah tahu teknik relaksasi? Jika belum, cobalah untuk belajar teknik relaksasi karena hal tersebut bisa membantu kamu untuk membuat mental dan fisikmu yang ketakutan menjadi lebih santai.

Beberapa caranya adalah: dengan bernafas dalam-dalam, berada di tempat yang tenang dan sejuk, membayangkan bahwa kamu berada di tempat yang menyenangkan, atau bisa juga dilakukan dengan ibadah, pijat, dan lain-lain.

6. Kurangi konsumsi gula dan kafein

bagaimana cara menghilangkan rasa takut

Mungkin banyak diantara kamu yang tidak percaya bahwa makanan sehat bisa membantu melawan rasa takut dalam diri kita.

Memperbanyak buah-buahan dan sayuran untuk dikonsumsi adalah cara lain menghindari terlalu banyak mengkonsumsi gula. Karena gula darah berpotensi meningkatkan rasa cemas di dalam diri kita.

Jadi, hindarilah berbagai jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti teh, kopi, atau makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein karena bisa meningkatkan rasa cemas.

7. Tingkatkan iman dan ketaqwaan

cara menghadapi rasa takut
Mempelajari Islam adalah cara baku untuk meningkatkan rasa percaya diri, sekaligus untuk menghilangkan rasa cemas dan ketakutan di dalam hati. Karena apapun masalahnya, Islam selalu punya solusinya.

8. Melakukan terapi

mengalahkan rasa takut

Opsi Nomor 8 ini memang jarang diambil oleh sebagian besar kita, masyarakat Indonesia. Selain tidak banyak tempat-tempat terapi, kebiasaan mengunjungi terapis juga bukanlah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita.

Padahal, mengunjungi terapi dan melakukan terapi untuk mengatasi rasa takut sangat membantu. Karena apabila tidak, hidup dengan rasa takut akan membuat kita mudah stres, sulit mengambil keputusan yang tepat, dan bahkan dapat menyebabkan kegagalan dalam mencapai sukses.

Sumber gambar: Pixabay.com

BAGIKAN
Ibu muda sekaligus nyambi jadi blogger yang menyukai banyak hal menyenangkan. Pecinta bakso tapi gak pernah sukses bikin bakso sendiri. Hobi nulis dan duit, kadang-kadang nulis dapet duit. :D Dan sedang belajar banyak hal di dunia IM. ;)

Bagaimana menurut Anda?

Komentar