Dampak Perbuatan Kita itu Ada yang Jangka Pendek, Jangka Panjang, dan Jangka Akhirat

Dampak Perbuatan Kita itu Ada yang Jangka Pendek, Jangka Panjang, dan Jangka Akhirat

Setiap apa yang kita lakukan, itu pasti ada dampaknya. Sehingga seharusnya kita selalu berpikir terlebih dahulu, sebelum melakukan sesuatu.

Hanya saja memang tidak setiap perbuatan itu dampaknya akan langsung kita rasakan. Setiap perbuatan kita itu:

  • Ada yang dampaknya jangka pendek
  • Ada yang dampaknya jangka panjang
  • Ada yang dampaknya jangka panjang sekali, yakni di Akhirat kelak

Dan bisa jadi pula ada perbuatan yang dampaknya jangka pendek sekaligus jangka panjang dan tentunya juga sekaligus jangka panjang sekali di Akhirat.

Nah, sayangnya, tak sedikit orang yang hanya mau memikirkan dampak jangka pendek saja. Mereka tidak mau berpikir jangka panjang, apalagi jangka panjang sekali di Akhirat. Sehingga, mereka dengan mudah melakukan suatu kecurangan, penipuan, kemaksiatan, dan sebagainya; karena hanya berpikir dampak jangka pendeknya akan enak dan untung.

Contoh faktanya nih.. Ada orang yang dia itu lulus S2 cumlaude. Langsung dapat kerjaan yang bagus pula. Udah gitu jabatannya naik terus. Tapi.. tiba-tiba.. beberapa tahun kemudian, ketahuan bahwa tesisnya itu hasil plagiat mahasiswa di Kampus lain.

Nah, ketika dia melakukan copy-paste tesis tersebut, apakah yang berada di pikirannya? Hanya dampak jangka pendek yang enak, lancar, dan untung. Biar nggak perlu survey-survey, nggak usah keluar-keluar cari data, nggak capek begadang mengetik, dan sebagainya; instan copy-paste saja. Hasilnya bagus banget. Hingga kemudian segera lulus dan wisuda. Tentunya dapat pujian-pujian pula lagi. Enak kan?

TAPI…, setelah beberapa tahun, akhirnya ketahuan ia melakukan plagiat..!! Sehingga orang di Kampus lain itu menghubungi Kampus orang tersebut, kemudian memanggil orang tersebut untuk disidang, hingga akhirnya ijazah orang tersebut ditarik kembali. Ia dinyatakan tidak lulus!

Tidak cukup sampai di situ, bahkan di tempat kerjanya pun dia langsung dipecat begitu saja! Boss-nya marah besar terhadap orang tersebut!

Artikel Lainnya:  7 Cara Menghilangkan Sakit Hati Menurut Islam

Tidak cukup pula sampai di situ, ternyata kasus dia itu masuk koran! Sehingga keluarganya pun ikut menanggung malu! Kasus dia tersebut menjadi bahan olok-olokan oleh tetangga sekitarnya, sehingga dia harus pindah dari situ!

Tidak cukup pula sampai di situ, anaknya yang di Sekolah pun juga jadi diolok-olok oleh temannya, sehingga harus pindah Sekolah juga!

Akhirnya ia kehilangan pekerjaan, kehilangan tempat tinggal, anaknya kehilangan Sekolahnya; pokoknya mau kemana-mana pun sangat sulit… semuanya serba sulit…

Nah, kalau dia sudah begitu, apakah yang ada di benak pikirannya..??

Seandainya saya tahu… DAMPAKNYA BISA SEBURUK ITU… Saya NGGAK AKAN MAU PLAGIAT BEGITU, MESKI DISURUH APAPUN.. SAYA NGGAK AKAN MAU… Mendingan saya rela capek-capek mati-matian begadang ngetik berusaha keras sekuat tenaga dan habis biaya sebagian.. saya pasti rela capek-capek begitu.. KALAU TAHU DAMPAK JANGKA PANJANG PLAGIAT BIKIN TESIS BISA SEBURUK INI!!!!

Tapi.. apakah penyesalan ada manfaatnya..??

Sudah terlambat…

Yah begitulah. Dia baru tahu dampaknya begitu setelah jangka waktu yang panjang. Karena dia hanya mikir dampak jangka pendeknya.

Nah, apalagi kalau jangka panjang sekali di Akhirat? Kalau sudah disiksa di Neraka, pasti lebih menyesal lagi..

Begitu pula yang kerap terjadi pada beberapa kasus lainnya:

  • Pacaran >> enak
  • Tidak menutup aurat >> nggak repot
  • Mencuri >> cepat dapat duit banyak
  • Mengonsumsi narkoba >> enak
  • Meminum miras>> enak
  • Korupsi >> dapat duit banyaaak
  • Malas-malasan kerja >> enak
  • Makan makanan yang tidak sehat >> enak
  • Bermain uang di sektor non-real >> untung
  • Dan sebagainya..

Itu semua mungkin dampak pendeknya enak dan untung. Tapi, tunggulah dampak jangka panjangnya:

  • Hamil di luar nikah
  • Diusir orang tua
  • Dicemooh keluarga dan tentangga
  • Digebukin warga
  • Cerai dengan pasangan
  • Anak putus Sekolah
  • Akal rusak
  • Tubuh hancur
  • Kena HIV/Aids
  • Masuk penjara
  • Kena stroke, badan lumpuh
  • Meninggal dunia
  • Bangkrut
  • Krisis moneter
  • Dan sebagainya..
Artikel Lainnya:  Socmed, Gadget, Dsb; Itu Kan Buatan Non-Muslim, Emang Boleh Muslim Pakai? Simaklah Penjelasan Ini

Apalagi dampak jangka panjang sekali di Akhirat?

إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِي دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْهِ

“Sungguh, penduduk Neraka yg paling ringan siksanya, dia memakai dua sandal dari api Neraka yang mana otaknya mendidih disebabkan panasnya kedua sandalnya.” [HR. Muslim]

“BLUGUDUG BLUGUDUG BLUGUDUG” – Sumber gambar: goonswithspoons.com

 

Itu baru siksa yang paling ringan loh. Itu pun dia menjerit seolah-olah dia orang yang paling menderita di Neraka sana..

Pasti di Akhirat nanti itu akan menjadi hari penyesalan yang luar biasa..

Begitulah karena hanya memikirkan dampak jangka pendek yang enak dan nggak repot, tapi tak mau memikirkan dampak jangka panjang dan dampak jangka panjang sekali di Akhirat..

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar