9 Penyebab Kenapa Laptop Jadi Cepat Panas Banget, Jangan Dibiarkan Loh, Sayang Kalau Ntar Rusak Kan

penyebab laptop cepat panas
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Saya pribadi, sejak sekitar 2011 atau 2012 hingga 2016, sudah membeli 4 laptop. Dan kini semuanya sudah rusak.

Sehingga, tentunya hal tersebut membuat saya kapok dan benar-benar mengambil pelajaran. Maka dari itu, sekarang, harus benar-benar diusahakan agar jangan mudah rusak lagi. Jangan sampai nanti jadinya setiap tahun ngeluarin banyak duit buat service laptop saja atau bahkan beli laptop lagi.

Apakah Anda mengalami hal serupa? Laptop Anda sering rusak? Kalau belum, semoga saja jangan sampai terjadi!

Nah, sehemat hasil evaluasi saya, yang membuat laptop saya mudah rusak itu adalah karena kepanasan. Kok bisa kepanasan, setidaknya berikut ini penyebabnya.

1. Menggunakan laptop berjam-jam lamanya

Secara umum, yang namanya laptop itu memang tidak untuk dihidupkan berjam-jam lamanya. Palingan, sebaiknya hanya dihidupkan selama sekitar kapasitas baterainya saja. Kalau misalnya kapasitas baterainya 3 jam, yah maka normalnya laptop tersebut hidup dan digunakan selama 3 jam saja. Jangan sampai malah 6 jam.

Karena, biasanya kalau lama-lama seperti itu dia bakal menjadi sangat panas. Nah, laptop yang panas itu merupakan hal awal yang amat berpotensi merusak hardware yang ada pada laptop.

Sekiranya memang butuh lama-lama, ada baiknya gunakan saja komputer.

2. Meletakkan laptop di atas kasur atau bantal atau yang sejenisnya

Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Nah ini merupakan praktek yang lumayan tak jarang dilakukan orang-orang.

Kenapa bahaya, karena itu akan membuat sirkulasi udara pada laptop menjadi tidak lancar atau bahkan terhambat sama sekali. Soalnya, ditahan oleh kasurnya kan. Sehingga, udara panas pembuangan tersebut malah kembali ke dalam laptop, kemudian membuat komponen-komponen laptop malah jadi bertambah panas…

3. Jarang banget membersihkan laptopnya, bahkan ada yang (nyaris) nggak pernah

apa penyebab laptop cepat panas
Sumber ilustrasi: Wikimedia.org

Mungkin inilah penyebab yang paling sering terjadi. Bila laptop tidak rutin dibersihkan, maka debu-debu akan menempel di komponen laptop dan dapat memperlambat kinerjanya, sehingga cepat panas.

Artikel Lainnya:  Socmed, Gadget, Dsb; Itu Kan Buatan Non-Muslim, Emang Boleh Muslim Pakai? Simaklah Penjelasan Ini

Maka dari itu, senantiasalah membersihkan LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai pada laptop Anda.

Lebih baik lagi kalau bagian dalam laptopnya juga Anda bersihkan sekiranya Anda mampu bongkar-pasangnya ataupun meminta orang yang mampu bongkar-pasangnya. Apalagi bagian kipas yang ada di dalam, kalau lama-lama biasanya banyak debunya tuh.

Paling tidak bersihkanlah 6 bulan sekali. Atau, lebih baik lagi 2 bulan sekali atau 1 bulan sekali. Yang paling bagus kalau 2 minggu sekali.

4. Tidak mencermati ventilasi serta pendinginnya

kenapa laptop panas
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Usahakanlah ada jarak antara laptop dengan dinding dan meja. Sebaiknya jangan sangat dekat bahkan menempel. Karena kalau jaraknya dekat banget, ventilasinya jadi memburuk, sehingga akhirnya udah panas.

5. Menyepelekan fungsi aksesoris tambahan untuk mendinginkan laptop

jual vacumm cooler laptop murah onine
Laptop Vacuum Cooler Taffware (Penghisap Panas Laptop Universal) – Shop.TeknikHidup.com

Ada beberapa aksesoris-aksesoris komputer yang dapat membantu laptop agar senantiasa dingin, atau tepatnya agar tidak terlalu panas. Seperti misalnya cooling pad, kipas, dan vacumm cooler.

Atau ‘alternatifnya’, bisa juga memanfaatkan AC, walau memang AC bukan merupakan aksesoris laptop.

Intinya harus ada aja usaha tambahan gimana agar suhu panas laptopnya berkurang, tidak terlalu tinggi.

Seperti itu merupakan usaha yang udah mendingan banget buat mencegah laptop cepat panas dan rusak. Daripada yang tidak ada usaha sama sekali, cuek dibiarkan laptopnya panas banget terus-menerus.

6. Tidak membersihkan cooling pad-nya

Nah, selain memang laptopnya harus dijaga agar tidak  berdebu, cooling pad Anda juga perlu dijaga agar tidak berdebu, sekiranya Anda punya cooling pad.

Karena cooling pad yang berdebu justru dapat berdampak negatif. Nanti debu-debunya bisa masuk ke dalam laptop.

Maka dari itu, senantiasa pulalah mengecek cooling pad Anda. Kalau agak kotor, segera bersihkanlah.

7. Thermal pasta yang sudah mengering

Processor yang sudah lama bekerja terus, bisa menyebabkan panas menumpuk, sehingga lama-lama lapisan thermal pasta-nya menjadi kering. Padahal, thermal pasta itu fungsinya sebagai penghantar pengeluaran panas dari chip processor.

Maka dari itu, tambahkanlah thermal paste secara berkala, agar panas pada processor bisa terhantar dengan baik.

Artikel Lainnya:  4 Penyebab Power Steering Berat, dan 3 Cara Mengatasinya

Bila Anda tidak memungkinkan untuk melakukannya, mungkin Anda bisa meminta ke orang yang mampu dan terpercaya untuk melakukannya.

8. Langsung menutup laptop saat sudah (agak) panas digunakan

kenapa laptop cepat panas
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Iya, bila Anda sudah selesai menggunakan laptop Anda, kemudian Anda off-kan, ada baiknya jangan langsung ditutup. Sebaiknya tunggu dulu beberapa menit dibiarkan dingin terlebih dahulu, barulah ditutup.

Kecuali, kalau memang tidak panas. Misalnya karena di ruangan ber-AC, masih subuh, dan sebagainya.

9. Lalai mengecek, ternyata kipas dalam laptop tidak berfungsi

laptop cepat panas kenapa
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Tentu saja ini merupakan yang sangat berkontribusi membuat laptop menjaidi panas. Kipasnya tidak berfungsi, sehingga tidak ada sirkulasi udara pada laptop.

Untuk mengecek apakah kipas laptop Anda masih berfungsi atau tidak, bisa Anda coba dengan mendekatkan tangan atau telinga Anda pada ventilasi laptop Anda saat menyala. Jika tidak ada suara kipas ataupun udara panas yang keluar, maka kemungkinan besar kipasnya sudah tidak berfungsi.

Kalau sudah seperti itu, kemungkinannya bisa jadi ada banyak debu yang menempel di sana, sehingga menghambat perputarannya. Maka, solusinya yah hanya perlu dibersihkan saja. Atau, bisa jadi kemungkinan kedua memang kipasnya sudah rusak.

Nah, setidaknya, sehemat yang kami tahu, begitulah 9 hal yang biasa menyebabkan kenapa laptop kita suka menjadi cepat panas banget. Semoga bermanfaat.

Silahkan Anda share artikel ini ke teman maupun saudara Anda yang membutuhkan, atau mention akun mereka.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar