Sering Diundang ke Grup Nggak Jelas di Facebook? Segera Lakukan 6 Hal Ini! Ayo!

cara-mengatasi-virus-hack-akun-grup-nggak-tidak-jelascara-mengatasi-virus-hack-akun-grup-nggak-tidak-jelas

Tak dipungkiri memang, akhir-akhir ini mulai muncul lagi grup-grup tidak jelas, yang notabene sering kontennya cenderung mengarahkan ke perihal maksiat. Terlebih lagi hal itu dilakukan secara masif, dalam artian seluruh teman dari si pengundang akan otomatis masuk ke Grup tersebut, melalui sebuah software. Tentu hal itu tak bisa dibiarkan terus-menerus.

Apa akun facebook Anda juga kerap mengalami hal serupa?  Nah, bila iya, maka segera lakukanlah 6 hal ini.

1. Jangan kepo pada konten-konten di Grup itu!

Iya, jangan pernah Anda klik! Meski gambarnya bikin penasaran, atau apapun itu! Kalau Anda klik, nanti akun facebook Anda berpotensi akan terjangkit malware. Malware itu apa? Nanti akan dibahas di poin nomor 4. Intinya itu sesuatu yang berhaya.

2. Periksalah nama-nama Admin Grup itu

Biasanya pengurusnya itu orang-orang yang tidak jelas juga. Namanya palsu, fotonya foto orang, dan lain sebagainya. Seringnya malah dia bukan orang Indonesia.

3. Blokir admin-admin Grup itu

Kalau sudah ketemu, silahkan Anda blokir admin-admin itu.

4. Persiksa siapa orang yang menambahkan Anda ke Grup tersebut

Meski adminnya sudah Anda blokir, tidak menutup kemungkinan Anda masih bisa masuk ke grup nggak jelas tadi itu atau yang lainnya yang serupa, apabila orang (biasanya teman facebook Anda) yang awalnya memasukkan Anda grup tersebut masih terjangkit malware.

Maksudnya malware bagaimana?

Intinya, di akunnya itu ada terpasang satu atau beberapa aplikasi yang membuat akunnya tergerak otomatis untuk mengundang seluruh teman facebook-nya, untuk masuk ke suatu Grup nggak jelas. Yang biasanya admin grup nggak jelas itulah yang mengontrol malware yang ada pada akun facebook teman Anda.

Saya pribadi, beberapa kali dimasukkan secara paksa ke Grup aneh tersebut, oleh teman SMA saya.

Artikel Lainnya:  Cara Membuat Infokus Proyektor Smartphone dengan Kotak Sepatu, Cobain Yuk!

Nah, coba Anda cek notification facebook Anda sebelumnya, siapa teman Anda yang memasukkan Anda ke Grup tersebut? Katakan padanya, bahwa akunnya sedang terjangkit malware!

5. Minta teman Anda untuk mencabut izin suatu aplikasi asing

Setelah Anda ketahui siapa orangnya, segera himbau dia untuk memembersihkan malware tersebut, dengan cara mencabut izin akses aplikasi asing yang ada pada akunnya.

Caranya, silahkan buka Settings > Apps. Kemudian, perhatikan, mana aplikasi yang asing. Mana yang perasaan dia nggak pernah ngasih akses aplikasi itu. Atau yang memang aneh nama dan logo aplikasi tersebut. Pokoknya yang mencurigakan.

Kalau sudah, silahkan sorot kursor ke arah aplikasi tersebut, dan klik tanda X. Kemudian akan muncul pop up menu konfirmasi. Maka, silahkan klik tombol Remove.

Seandainaya dia bingung, barangkali Anda bisa share artikel ini ke dia.

6. Keluar dari Grup itu

Terakhir, silahkan Anda keluar dari Grup tersebut. Karena khawatirnya nanti sekiranya ada konten aneh di Grup tersebut yang jadi viral, kemudian muncul di Beranda Anda, tidak sengaja malah Anda klik konten-konten asing di Grup tersebut. Maka dari itu, silahkan keluar dari Grup tersebut.

 

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar