5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Liburan di Jogja

Pantai Baron Gunung Kidul
sumber ig wid_dx

Yogyakarta, apa yang Anda pikirkan tentang provinsi kecil di pulau Jawa ini. Bisa jadi pikiran Anda dan kami adalah sama, ya soal pesona wisata yang luar biasa di Yogyakarta.

Tak banyak menyangka, era digital berhasil menyingkap lebih banyak “surga” tersembunyi di provinsi ini. Maka, saat ini kita akan mendengar berbagai macam obyek wisata baru yang ngehits, seperti puncak becici, tebing breksi, bukit panguk kediwung, pule payung dan yang lainnya.


Bicara liburan ke Jogja, maka perlu perlu persiapan yang matang agar liburan lebih terasa menyenangkan.

Aslinya tak hanya liburan, seluruh kegiatan dengan persiapan yang baik akan lebih bisa optimal. Kita ingat bukan jargon “if you fail to plan, you plan to fail”, he he. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan saat akan liburan ke Yogyakarta.

1. Badan Yang Sehat

Tubuh kita merupakan salah satu karunia dari Sang Pencipta. Maka sebagai bukti syukur kita perlu untuk dijaga sebaik mungkin. Badan yang sehat akan bisa menemani berbagai macam aktivitas, baik diluar maupun didalam ruangan.

Untuk itu, sebelum Anda ke Yogyakarta untuk berwisata, pastikan anda menjaga kondisi badan fit dan tetap fit selama disana. Sehingga anda bisa merasakan serunya berpanas ria dan bermain air sekaligus di pantai Indrayanti misalnya.

2. Target Obyek Wisata

Ada banyak jenis wisata di Yogyakarta, baik tempat wisata yang sudah sejak lama ada, ataupun obyek wisata yang baru ada 3 tahun belakangan ini. Ingat, waktu kita di Jogja amatlah terbatas.

Maka dari itu kita perlu selektif memilih lokasi wisata yang akan kita kunjungi dengan seksama.


Perhatikan juga efektifitas jalur yang dipilih, sehingga dimungkinkan bisa mendapatkan lebih banyak dengan waktu yang sama. Sebagai contoh, selepas dari hiking ringan di bukit Turgo, anda bisa pergi ke Merapi Landmark karena jaraknya yang berdekatan, atau bisa juga mengambil paket lava tour trip pendek.

3. Finansial Yang Cukup

Kata cukup disini jangan diartikan mepet lho ya. Meskipun Yogyakarta merupakan salah satu provinsi dengan biaya hidup yang lebih murah dibanding kota besar lainnya.

Anda juga perlu untuk mempersiapkan uang tidak hanya untuk selama di Yogyakarta. Ada baiknya siapkan uang cadangan untuk bisa bertahan 3 kali waktu liburan yang anda rencanakan di Jogja dan uang transport untuk pulang.

Misalnya akan liburan di Jogja selama 2 hari, maka sediakan uang akomodasi yang cukup untuk 8 hari plus uang transport untuk pulang.

Tujuannya untuk berjaga-jaga semisal kita tersesat atau ada bencana yang mengharuskan kita stay di Jogja karena kendala transportasi, atau alasan lainnya.

Oh ya, jangan satukan uang cadangan di satu tempat ya, beda atm dan beda tempat penyimpanan jauh lebih baik.

4. Riset Terlebih Dahulu

Meriset obyek wisata yang akan kita kunjungi bagi kami bisa meningkatkan efektifitas dan kenikmatan dalam menikmati liburan. Yang perlu ketahui sebelumnya bukan hanya soal spot yang menarik dari lokasi wisata tersebut, termasuk juga seputar kehidupan masyarakat hingga sejarah yang ada dibalik lokasi wisata tersebut.

Maklum, di Jogja banyak lokasi wisata sejarah yang masih cantik terawat, seperti pemandian Taman Sari, Kraton Jogja, Masjid Gedhe Kauman hingga Candi Prambanan.

5. Transport & Akomodasi

Jika Anda baru pertama kali ke Yogyakarta untuk liburan. Kami sangat menyarankan Anda memakai jasa agen paket wisata Jogja ataupun memakai rental mobil saja. Mengapa seperti itu, agar perjalanan Anda nyaman dan tidak mudah tersesat tentunya. Urusan penginapan dan makan juga bisa ditangani oleh penyedia layanan paket wisata.

Jika memakai jasa rental mobil para driver akan tahu tempat penginapan dan warung makan yang bagus untuk Anda.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan liburan di Yogyakarta. Tips diatas juga bisa Anda pakai sebelum berkunjung ke daerah tujuan wisata lainnya juga lho. Terimkasih sudah berkenan menyimak, sangat senang mendengarkan masukan tambahan dari sahabat pembaca yang budiman.